• Minggu, 17 Oktober 2021

Facebook Mendukung Pengembangan Komunitas Olahraga di Indonesia. Begini Caranya

- Kamis, 16 September 2021 | 18:44 WIB
Ilustrasi Facebook.  ((ANTARA/HO-Unsplash))
Ilustrasi Facebook. ((ANTARA/HO-Unsplash))

JAKARTA, harianmerapi.com - Facebook mendukung pengembangan komunitas olahraga di Indonesia melalui berbagai bentuk kemitraan, tidak hanya dari segi ekonomi tetapi juga dari segi sosial, terutama pada masa pandemi.

Manajer Konten Olahraga untuk Facebook Indonesia Dolly Lesmana mengatakan, Facebook membangun kerja sama dengan komunitas olahraga mulai dari federasi, liga, atlet, klub olahraga, hingga media olahraga.

“Misi dari Facebook adalah mengamplifikasi kekuatan olahraga untuk membangun komunitas, menghubungkan konten yang mereka sukai dan bisa membantu menciptakan bisnis berkelanjutan bagi komunitas olahraga,” kata Dolly saat konferensi pers virtual pada Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Indonesia Kembali Datangkan Vaksin Covid-19 Produksi Pfizer Sebanyak 1,6 Juta Dosis. Begini Distribusinya

Meski industri olahraga menghadapi tantangan yang tidak mudah di tengah situasi pandemi, Dolly percaya bahwa animo dan semangat olahraga akan tetap berlangsung di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram.

“Melalui Facebook dan Instagram, para atlet dan klub di Indonesia masih bisa terhubung dengan fans mereka di platform kami. Yang menarik, momen seperti Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo kemarin tetap bisa dibagikan oleh penggemar olahraga di Indonesia melalui Facebook dan Instagram,”

Dolly menyebut setidaknya ada lima pilar yang dibangun Facebook untuk membangun dan menjaga kemitraan dengan komunitas olahraga, meliputi pengembangan audiens (audience development), monetisasi iklan, sponsorship, commerce and conversion, dan penciptaan dampak sosial.

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Alex Noerdin Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Pembelian Gas Bumi

“Perihal audience development, Facebook selalu menyampaikan pentingnya membangun fanbase atau audience untuk komunitas olahraga,” katanya.

Dolly memberi contoh fitur facebook watch dapat dimanfaatkan untuk kepentingan audience development. Dengan jumlah 1,2 miliar pengunjung facebook watch, klub olahraga dapat terhubung dengan penggemar melalui konten-konten menarik.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkatkan Produksi Ayam Kampung dengan Kawin Silang

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:35 WIB
X