Kafe Ini Suguhkan Nuansa Unik dengan Benda Klasik

TEMPAT minum-minum kopi atau kafe kian mudah ditemukan di berbagai tempat. Masing-masing pengelola punya kreasi tersendiri untuk menghadirkan kafe yang nyaman, bahkan bisa bernuansa unik.

Seperti halnya saat datang di Café Kongsoo kawasan Pringgen Ngemplak Sleman akan menemukan benda-benda klasik, baik di luar maupun dalam kafe. Suatu keunggulan lagi, lokasinya berada di dekat sawah, sehingga hembungan angin sejuk dan segar bisa banyak dirasakan.

“Kekhasan penting lain di tempat kami, misalnya terdapat sebuah dokar yang tak terpakai dengan warna telah dicat ulang, lalu kami letakkan di depan kafe, sehingga biasa untuk berselfieria,” ungkap pemilik kafe setempat, Priyanggono kepada Merapi, baru-baru ini. 

Suasana klasik lainnya, antara lain terlihat saat berada di depan kafe yang dikelilingi dengan kayu bekas alat membajak sawah yang dipasangkan pada sapi dan nampak terlihat kokoh. Beberapa pohon pisang tertanam di depan pintu masuk kafe, sehingga membuat suasana nampak rindang. 

Beranjak ke dalam ruangan, sejumlah barang klasik tertata rapi mengitari seluruh ruangan yang semuanya menggunakan kayu. Mulai dari mesin ketik jadul, telepon klasik, alat game dingdong dan barang-barang klasik lainnya. “Barang-barang ini dulunya ada yang beli, ada yang pemberian orang, jadi terkumpul segini banyaknya,” urainya.

Selain sekadar dipajang, barang-barang klasik tersebut ternyata juga dijual. Artinya juga jika ada pengunjung yang berminat membeli dipersilakan, asal harganya cocok. Bahkan di lokasi ini tak hanya tersedia ruangan dengan ukuran cukup luas, namun ada juga gasebo kecil dengan konsep tempat duduk yang beraneka bentuk. Adanya tumpukan jerami di atap, menambahkan kesan klasik dan menarik untuk dijadikan tempat swafoto.

“Tak ada konsep khusus waktu awal membuat. Yang penting tempatnya nyaman dan kenapa klasik, karena masih banyak orang yang mencari suasana maupun hal klasik seperti ini,” terangnya. 

Untuk menu makanan sendiri hampir sama dengan konsep kafe pada umumnya. Ada pula satu menu khas dari Kabupaten Pati, yakni mangut kepala mayung dengan cita rasa pedas yang menjadi menu andalan. Ada pula menu makanan berbahan daging ayam seperti ayam goreng. (C-8)

Read previous post:
PENGUSAHA KULINER BERLOMBA HADIRKAN SUASANA TRADISIONAL-Sediakan Kandang Kerbau untuk Ciptakan Nuansa Pedesaan

SELAIN soal citarasa masakan maupun minuman, para pemburu kuliner biasanya mempertimbangkan suasana sebuah tempat makan. Itu sebabnya, kini banyak pengusaha

Close