Pedas Mantap Ikan Pari Asap

LOKASI kuliner dengan sajian masakan serba huuh haah alias pedas berdiri di berbagai tempat dengan beragam menu lauk. Salah satunya lauk ikan pari atau iwak pe yang dipadu dengan sambal pedas. Ikan pari yang diasap dan dipadu dengan sambal pedas terasa mantap.

Menurut pengelola Sego Sambel Surabaya yang menyediakan menu ikan pari di kawasan Guyangan Jalan Godean Sleman, Nauval Ghoza, ikan pari di Surabaya sering disebut juga dengan iwak pe. Ketika dijadikan lauk, ikan pari diasap dahulu sampai setengah matang. Lalu digoreng maupun dibakar akan memiliki cita rasa khas dari tekstur serat daging maupun aromanya. Penyajiannya disiram sambal pedas menjadikan lebih mantap lagi.

“Pilihan sambalnya bisa sambal pedas standar ala Sego Sambel Surabaya maupun sambal pedas manis. Sambal pedas manis meski ada tambahan gula, tetap saja banyak konsumen menyatakan sambal ini tetap pedas huuh haah. Bagi yang tidak senang pedas, bisa juga memesan tanpa sambal,” terang Nauval kepada Merapi, baru-baru ini.

Bahan baku wujud ikan pari sudah diasap dan dipotong-potong, diambil di tempat pemilik franchise Sego Sambel Surabaya yang ada di DIY. Setiap ada konsumen datang, tinggal memasak digoreng atau dibakar. Selain ada ikan pari ada pula ikan tuna asap. Ada lagi pilihan lauk ayam goreng, telur dadar serta tahu dan tempe.

“Lauk-lauk ini dapat dibeli model satuan, dapat juga model paket. Untuk model paket, misalnya paket iwak pe komplit, ada nasi, telur dadar, tempe, sambal dan ikan pari asap goreng atau bakar,” jelas Nauval.

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini menambahkan, baik ikan pari asap maupun tuna asap sama-sama banyak peminatnya. Namun masih lebih banyak yang ikan pari asap baik model dibakar maupun digoreng. Pasalnya, tak sedikit juga konsumen masih penasaran dengan cita rasa ikan pari yang bagian kulitnya bisa dibuat produk kerajinan. Sebagian konsumen merasa cocok dengan cita rasa masakan ini lalu menjadi pelanggan setia.

Saat ini harga paket iwak pe komplit Rp 20.000 perporsi. Sedangkan paket tuna komplit Rp 19.000 perporsi dan paket ayam komplit Rp 21.000 perporsi. Jika membeli satuan, ikan pari maupun tuna asap goreng Rp 7.000 perpotong. Ketika memilih yang dibakar lebih mahal Rp 1.000 perpotongnya, sebab proses membakar butuh waktu tersendiri maupun ditambah bumbu-bumbu lain. Sedangkan harga satuan ayam goreng Rp 9.000 perpotong, telur dadar Rp 4.000 dan tahu-tempe Rp 1.000 perpotong.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Terjangkit DBD, Mahasiswa Tewas di Kos

GONDOKUSUMAN (MERAPI) - Mahasiswa kampus negeri di Yogya, Ahcmad Miftahudin asal Semarang ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya, Sapen Gondokusuman

Close