Durian Musang King dan Montong Kian Jadi Buruan

Durian dengan kualitas unggul seperti soal rasa dan aroma banyak dicari konsumen. (MERAPI-SULISTYANTO)

PERBURUAN buah yang populer di masyarakat, yakni beberapa jenis durian terus dilakukan. Apalagi saat musim panen raya durian di berbagai tempat, perburuannya bisa sampai ke pelosok daerah penghasil buah tersebut. Tak jarang ke tempat-tempat pengepul aneka jenis durian, baik untuk dimakan di tempat maupun dibawa pulang.

“Jenis durian populer di kalangan penggemar buah ini antara lain musang king, montong dan bawor. Tak ketinggalan durian-durian lokal belum diketahui jenisnya panenan di daerah-daerah Sumatera dan sekitar sini,” ungkap Slamet salah satu kru pengepul durian di kawasan Kamal Wetan Seyegan Sleman kepada Merapi, baru-baru ini.

Beberapa jenis durian masih tetap eksis, sebut Slamet, terutama karena memiliki kualitas rasa dan aroma yang unggul. Jenis montong, musang king serta bawor termasuk kriteria unggul serta banyak penggemar. Jenis durian montong bahkan ada yang berasal dari Thailand, sedangkan montong lokal antara lain ada yang dari Bali, Sumatera maupun lokal asal Sleman, Kulonprogo dan sekitarnya. Keunggulan durian montong, misalnya rasa dominan manis, aroma tak menyengat, daging buahnya tebal dan padat.

Bahkan jenis durian montong dapat bertahan dalam jangka waktu lebih lama, karena dipanennya bisa dalam kondisi belum matang benar. Artinya juga bisa dipanen masih dalam keadaan mengkal, jadi bisa lebih tahan lama dan bentuk dagingnya pun nampak kokoh. Sedangkan jenis bawor ditilik dari warna daging buahnya, ada yang berwarna kuning keemasan dan oranye. Ukuran buah cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan durian montong.

“Cita rasa durian bawor yang khas, selain ada rasa manis juga legit dan ada sedikit pahit khas. Justru rasa pahit pada bawor malah banyak dicari penggemar durian,” jelas kru lainnya, Hermawan ikut menambahkan.

Ketika dimakan di tempat, lanjutnya, pihaknya juga menyediakan aneka olahan durian maupun jenis minuman lain seperti kopi, wedang uwuh, lemontea, bajigur, jahe susu, sup durian serta es krim. Khususnya kopi bahkan bisa ditambah dengan durian, sehingga disebut kopi durian. Tak ketinggalan ada sejumlah makanan ringan seperti tempe kemul serta bakwan.

Sementara itu menurut pemilik kios buah-buahan di kawasan Jalan Godean Sleman Muh. Bidayah, pihaknya pun rutin menyediakan beberapa jenis durian. Dalam waktu dekat terutama jenis musang king asal Magelang siap disediakan dalam jumlah banyak. Ciri khasnya antara lain warna dagingnya kuning, tebal, bertekstur lembut, manis sedikit pahit serta memiliki biji yang kecil dan hampir kempis.

“Jenis musang king ada juga yang menyebut raja kunyit, sebab memiliki warna daging kuning cerah seperti kunyit,” urainya. (Yan)

Read previous post:
Dinas Pendidikan Kota Yogya Kaji Penambahan Kuota Jalur Prestasi PPDB

UMBULHARJO (MERAPI) - Peraturan zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 di Kota Yogyakarta terus dikaji. Pemkot Yogyakarta

Close