Pupuk Kebersamaan Dengan Tombro dan Nila

MERAPI-SULISTYANTO
Kolam di kompleks Kampus III UMBY untuk memelihara nila dan tombro.

KOLAM taman dapat dibangun di kompleks perkantoran maupun perguruan tinggi. Seperti halnya di halaman Kampus III Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kawasan Jalan Ringroad Utara Depok Sleman pada 2016 silam dibangung kolam taman. Awalnya untuk memelihara ikan-ikan koi, namun pernah banyak yang mati karena terserang penyakit. Ditambah lagi piranti filter pernah rusak.

“Setelah beberapa lama tak ada ikan koinya, lalu atas usulan beberapa pihak diganti dengan nila merah dan tombro. Ikan nila merahnya ternyata mudah berkembang biak atau beranak-pinak, sehingga sering dikurangi populasinya dengan dijaring atau sekalian membersihkan kompleks kolam,” ungkap Kabag Rumah Tangga Kampus III UMBY, Hasan Setyo Nugroho kepada Merapi, baru-baru ini.

Ikan nila maupun tombro yang dikurangi populasinya, biasa dimasak antara lain dengan cara dibakar dan digoreng. Tempatnya cukup di kompleks kampus. Sering juga dibarengkan dengan momen-momen penting seperti saat tahun baru dan Syawalan. Cara seperti ini dapat dijadikan sarana memupuk kebersamaan, terutama tenaga di bagian rumah tangga, security (satpam), cleaning servis dan juru parkir. Hanya saja sejak saat ada pandemi Covid-19 belum digelar acara bakar-bakar ikan nila maupun tombro, sebab termasuk bagian dari mencegah kerumunan.

“Semoga saja, pandemi Covid-19 segera berakhir. Kami sudah kangen, bisa menggelar acara santai sambil menikmati masakan ikan nila dan tombro seperti cukup digoreng dan dibakar,” harap Hasan.

Ditambahkan, kolam ikan dengan luasan sekitar 3 x 6 meter persegi tersebut juga dilengkapi dengan tiga air mancur. Namun, sejak mahasiswa melaksanakan pelajaran secara online, semua air mancur tak dinyalakan. Lain halnya jika banyak mahasiswa masuk ke kampus, apalagi ketika ada mahasiswa baru, kompleks kolam sering dijadikan ajang untuk foto-foto atau berselfie ria. Adapun yang memberi makanan wujud pelet buatan pabrik, setiap pagi dan sore, yakni salah satu tenaga cleaning servis. (Yan)

Read previous post:
Suharsono Fokus Momong Anak Cucu

BANTUL (MERAPI) - Mantan Bupati Bantul, Drs H Suharsono terlihat santai menikmati hidup sebagai warga masyarakat bisa setelah tidak lagi

Close