Waspadai Penyakit dan Hama Anggrek

HOBIIS tanaman anggrek akan merasa senang semua tanaman hias yang dimiliki tersebut bisa sehat sepanjang masa serta rajin berbunga. Namun tak bisa dipungkiri, tanaman anggrek tetap ada peluang terkena penyakit dan hama terlebih pada musim penghujan.

Hobiis dan pelaku jual beli anggrek asal Condongcatur Sleman, Dian Munarsi mengungkapkan, beberapa faktor yang dapat memicu hama serta penyakit pada anggrek pada musim penghujan, antara lain karena kelembaban tinggi, kurangnya sinar matahari/sirkulasi udara serta aerasi yang kurang baik.

“Hama dan penyakit pada anggrek terutama karena jamur, bakteri dan siput. Dampak negatif dari siput, misalnya memakan akar, tunas baru sampai bisa merusak kuncup bunga,” jelasnya kepada Merapi, belum lama ini.

Adapun beberapa langkah pencegah yang bisa diterapkan, sebutnya, seperti tanaman dihindarkan dari guyuran air terus menerus, pemangkasan ranting-ranting pohon agar sinar matahari bisa masuk langsung ke tempat penempatan tanaman anggrek, kebersihan lingkungan dan sanitasi peralatan kebun. Trik pengobatannya, antara lain dengan mengolesi obat bagian tanaman yang sakit dengan fungisida/bakterisida serta semprot semua bagian tanaman dengan larutan fungisida serta bakterisida.

Hal senada dijelaskan juga Fransiska LKH asal kawasan Jalan Solo Sleman, yakni pentingnya mewaspadai penyakit dan hama pada anggrek. Langkah pencegahan, misalnya rutin penyemprotan fungisida, bakterisida serta insektisida. Dalam sebulan bisa dua kali. Sedangkan pemupukan dapat ditingkatkan, misalnya dua kali dalam seminggu. Jenis pupuknya bisa model yang tabur maupun semprot.

“Yang jelas tanaman anggrek sudah di luar habitatnya perlu menerapkan perawatan rutin, berbeda dengan yang masih di habitatnya,” tandas Siska.

Rekan Siska yang juga aktif di Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY, Eniek S menambahkan, meski peluang hama dan penyakit lebih tinggi saat penghujan, namun penggemar anggrek tetap saja banyak yang antusias membeli tanaman tersebut. Tak sedikit memilih yang sudah berbunga. Bahkan jenis tanaman lain yang bisa rajin berbunga seperti adenium.

“Alhamdulillah, setiap berjualan di Pasar Tani Lapangan Pemkab Sleman, anggrek dan adenium masih banyak dicari konsumen. Bahkan beberapa jenis tanaman lain, obat-obatan, pupuk dan aneka peralatan bercocoktanam,” jelasnya. (Yan)

Read previous post:
Teratai Idealnya Rutin Diberi Pupuk

ANEKA tanaman air cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Teratai yang memiliki beberapa jenis bunga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan.

Close