Hindari Air Berlebih Kunci Perawatan Tanaman Sukulen

TANAMAN yang dikelompokkan dalam keluarga sukulen, yakni mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Pada tanaman-tanaman sukulen pun biasa ada bagian menebal ataupun berdaging guna menahan air terutama saat iklim kering. Kemampuan menahan atau menyimpan air seperti ini menjadikan sukulen tidak baik jika kebanyakkan air. Maka pemberian air menjadi kunci dalam perawatan tanaman sukulen.

“Untuk itu penyiraman tanaman dapat dilakukan ketika media tanam benar-benar kering, misalnya cukup seminggu sekali. Hal ini juga berlaku untuk tanaman kaktus, sebab semua kaktus termasuk sukulen, namun tak semua sukulen adalah kaktus,” kata penggemar dan pelaku jual-beli tanaman asal Sleman, Randi IW kepada Merapi, belum lama ini.

Ditambahkan, soal penempatan tanaman sukulen sebaiknya yang mendapatkan intensitas cahaya lebih banyak dibanding tanaman jenis lain. Namun bukan berarti sukulen maupun kaktus bisa ditempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung. Apalagi, jika masih baru saja membeli, tanaman ini juga membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan tempat dan lingkungan yang baru.

“Idealnya ditempatkan di area yang terang, tapi tak terkena sinar matahari secara langsung. Kalau sinar matahari pagi tak masalah,” terangnya.

Adapun media tanam yang digunakan, bisa berwujud campuran sekam padi, kompos dan pasir malang ataupun kerikil kecil-kecil. Tak kalah penting, pot atau wadah untuk menanam/menempatkan media tanam memiliki lubang sebagai drainase yang baik, sehingga air tak mudah menggenang di media tanam. Penyiraman tanaman atau media tanam dapat model dikocor sekadarnya ataupun model disempro

“Yang jelas baik tanaman sukulen dan kaktus memiliki jenis beragam dengan bentuk, ukuran dan warna unik. Semua mempunyai penggemar tersendiri, bahkan di Indonesia juga ada komunitas pecinta kaktus dan sukulen,” tutur Randi.

Sebagian komunitas tersebut, sebutnya, ada yang biasa menggelar even pameran, bazar serta kontes tanaman kaktus dan sukulen. Kegiatan seperti ini dapat juga dijadikan sebagai ajang bertukar wawasan atau pengalaman dalam memelihara kaktus. Selain itu cara perawatan yang baik juga dapat dicari dengan cara lain, seperti lewat internet, membaca buku, bertanya yang sudah pengalaman termasuk di antaranya pelaku jual-beli tanaman.(Yan)

Read previous post:
Nama Kelembagaan Berubah, Pemkab Kulonprogo Lantik 205 Pejabat

WATES (HARIAN MERAPI) - Sebanyak 205 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mendapat promosi jabatan dan perubahan nama jabatan akibat

Close