Serunya Adu Cepat Micro Drone

SIAPA tak kenal dengan drone ? Ya pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle (AUV) itu dalam perkembagannya tak hanya untuk kebutuhan dokumentasi foto maupun video dari udara. Tapi kini juga menjadi permainan yang menyenangkan seperti adu cepat drone. Namun untuk adu cepat jenis drone yang digunakan adalah mikro drone.

Mikro drone, ukurannya lebih kecil ketika menabrak orang tak mengakibatkan sakit, sehingga dapat difungsikan layaknya drone biasa, namun bisa setengah darat dan setengah udara. Bahkan cocok difungsikan mengambil gambar di ruangan atau indoor. Tak kalah seru, mikro drone juga dapat dilombakan, yakni lomba adu cepat mikro drone. Seperti Komunitas Micro Drone Race Indonesia (MDRI) Yogyakarta yang rutin menggelar lomba mikro drone.

“Beberapa kali kami juga pernah menggelar lomba mikro drone dalam rangka menggalang dana korban bencana alam di Indonesia. Termasuk uang pembinaan untuk pemenang. Beberapa waktu lalu, misalnya untuk dibantukan korban bencana alam di Palu dan Donggala,” jelas Ketua MDRI, Fernando M kepada Merapi, belum lama ini.

Ditemui di sela-sela lomba mikro drone yang digelar di kompleks Sleman City Hall, Fernando menjelaskan, mikro drone sebenarnya memang dibuat untuk para pemula yang ingin belajar menerbangkan drone standar. Ketika menggunakan mikro drone, tak perlu takut apabila terjatuh ataupun menabrak dinding sebab bobotnya ringan serta terbuat dari bahan plastik yang kuat. Apalagi ada tangan-tangan trampil, mampu memodifikasi mikro drone buatan pabrik untuk bisa menambah kecepatan serta kestabilan suatu mikro drone.

“Hal yang seru saat menonton lomba mikro drone, misalnya pesawat mikro drone harus bisa melewati beberapa rintangan. Ada mikro drone yang menabrak dinding, meski mata ‘pilot’ yang mengoperasikan menggunakan semacam remote sudah dilengkapi piranti disebut google VR,” terang Fernando.

Adapun penggemar mikro drone yang sudah gabung di MDRI Yogyakarta saat ini ada 50 orang. setiap digelar lomba sering ada para sponsor, misalnya dari produsen distributor penjualan mikro drone. Ada juga toko-toko penjual mikro drone, spare part dan produk-produk pendukung hobi tersebut. Selain kegiatan lomba, rutin pula digelar latihan bersama. Tempat latihan biasa dilaksanakan di kompleks rumah pengurus maupun anggota MDRI dan paling sering di kompleks rumahnya.

“Baik saat ada lomba maupun latihan bersama, kami sudah sepakat tak ada unsur judi. Baik dari para peserta, panitia serta masyarakat yang menonton. Setiap kami menggelar lomba, sekitar separoh anggota kami biasaNYA ikut berpartisipasi,” urainya.

Selain itu ada peserta dari sejumlah daerah di luar Yogyakarta. Kategori lomba biasa ada Rookie dan Expert. Setiap pemenang di masing-masing kategori juga mendapatkan uang pembinaan. Disemarakkan pula dengan bagi-bagi doorprize, misalnya berasal dari para sponsor. (Yan)

Read previous post:
Tumbuhkan Pelaku Usaha Lewat Gebyar UKM

SEBAGAI upaya menumbuhkembangkan pelaku usaha di Kulonprogo, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah bekerjasama dengan International Council for Small Business

Close