Kombinasi Warna Lovebird Bikin Terpikat

KICAU mania senang memelihara ocehan atau burung berkicau ada beragam alasan. Mayoritas merasa tertarik dengan suara atau kicauan dari setiap ocehan. Namun ada pula yang terpikat dengan keindahan atau eksotisnya warna bulu-bulu ocehan. Bahkan kombinasi antara ocehan dan warna pada satwa tersebut.

Seperti halnya M Bidayah senang memelihara ocehan jenis nuri pelangi maupun beberapa lovebird import, sebab mempunyai kombinasi warna-warna yang indah dan memikat. Selain itu ada juga ocehan dengan warna bulu biasa-biasa saja, namun bagus kicauannya.

“Menurut saya, ocehan jenis trotokan, kutilang dan jalak uren termasuk yang punya warna biasa saja, tapi keindahan kicauannya bagus-bagus. Lain yang nuri pelangi dan lovebird import, kombinasi warna bulunya lebih menawan. Bahkan lovebird sering dikonteskan keindahan bulunya atau biasa disebut beauty contest,” beber Bidayah, baru-baru ini.

Lelaki ramah yang tinggal di kawasan Sidoarum Sleman ini menuturkan, nuri pelangi mempunyai warna dominan hijau. Lalu ada kombinasi warna kuning di beberapa bagian tubuh, di atas kepala warna kebiruan, bagian leher kemerahan dan paruhnya warna jingga. Bahkan di dekat mata muncul sedikit warna putih. Nuri pelangi dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 25 sampai 30 cm dan rentang sayapnya kisaran 17 cm.

Tak kalah menarik, perawatan ocehan jenis nuri pelangi juga cukup mudah. Pakan yang disenangi cukup beberapa jenis buah dan biji bijian. Jenis buah antara lain apel, pepaya, pir, melon dan pisang. Sedangkan untuk pakan biji bijiannya seperti milet merah dan biji bunga matahari (kuaci). Jika membeli masih anakan lalu diloloh manusia, misalnya umur 12 hingga 14 hari dapat diberi pakan lolohan seperti halnya pakan untuk anakan lovebird.

“Untuk membersihkan sangkar atau kandang nuri pelangi sebaiknya bisa dilakukan setiap hari. Termasuk wadah pakan dan minumannya. Dengan tampilan sangkar yang bersih, nuri pelangi kian indah juga dipandang. Kebersihan bulu-bulunya juga bisa terjaga, karena terhindar dari kotoran yang menumpuk di sangkar,” papar Bidayah.

Khususnya lovebird-lovebird import, ia mengaku lebih senang dengan warna-warna bulu terutama yang dominasi biru. Selain biru muda yang cerah, kombinasi warna lain yang muncul antara lain ada biru tua, putih dan kehitaman. Warna menarik dan unik lainnya, seperti didominasi cokelat tua dan hijau pastel serta muncul warna kombinasi lain.

“Lovebird import, warna-warna bulunya banyak yang cerah dan unik. Postur tubuhnya juga sedikit lebih besar,” tandasnya. (Yan)

Read previous post:
Binome Tampilkan Kolaborasi Teater dan Sains

SIAPA mengira sains dapat ditampilkan dalam bentuk teater? Teater rasa sains. Meski demikian tak membuat teater menjadi kaku seperti mengantarkan

Close