Untung Besar Hobi Mengoleksi Tanaman Besar

Batang tanaman kamboja berkarakter dan layak dijadikan sebagai pohon koleksi. (MERAPI-SULISTYANTO)

TANAMAN berkarakter yang cocok difungsikan sebagai perindang maupun tanaman hias cukup beragam jenisnya. Jual beli tanaman ini pun cukup semarak, apalagi yang memiliki karakter tersendiri seperti di bagian batang, bunga dan daun-daunnya.

“Ketika tanamannya sudah berukuran besar pun bisa dijualbelikan. Tak jarang saat berada di kebun karantina bagian akar dibungkus dengan karung. Sewaktu-waktu ada yang membeli akan lebih mudah diambil atau didongklak,” jelas pengelola Kebon’s Agro Jogja-Mitra Tani, Andri Susilo, belum lama ini.

Ditemui di Kebon’s Agro Jalan Godean Sidokarto Sleman, Andri mengungkapkan, tanaman berukuran besar di tempatnya tak sedikit yang terbeli konsumen lalu dijadikan sebagai koleksi. Penanaman dapat di kompleks pekarangan tempat tinggal. Bahkan ketika memiliki lokasi usaha, bisa juga di sekitar lokasi usaha mereka, antara lain terkait usaha kuliner, wahana wisata sampai kompleks kantor dan hotel.

“Meski sudah berukuran besar dan biasa terbeli di tempat kami, misalnya ada tanaman kamboja baik varietas lokal maupun Bali. Contoh lainnya seperti pule dan cabe puya,” urainya.

Khususnya tanaman kamboja atau semboja sering disebut juga plumeria, pasalnya mempunyai nama ilmiah Plumeria rubra L.cv. Acutifolia.

Tanaman kamboja memiliki banyak varian soal warna bunganya. Bahkan sebagian varietas, tampilan bunganya yang cantik juga menebarkan aroma harum. Kamboja ukuran besar, misalnya mempunyai diameter batang lebih 10 cm dan tinggi tanaman lebih dua meter. Khusus yang berbunga warna putih masih banyak dicari di DIY, Jateng dan sekitarnya. Sedangkan yang warna bunganya kuning, pink serta merah banyak berasal dari Bali. Mayoritas umur tanaman sudah puluhan sampai ratusan tahun, sehingga bagian batang kian berkarakter atau bahkan menyerupai fosil.

“Kami siap juga mengerjakan pembuatan taman, misalnya dengan tanaman kamboja sebagai pusat dari taman. Bisa juga sebagai titik tengah atau pusatnya taman jenis pohon berkarakter lain, seperti pule dan cabe puya,”

Staf di Kebon’s Agro, Yusuf F menambahkan, tanaman pule ukuran besar pun banyak dicari konsumen. Apalagi yang asalnya diperoleh dari kawasan Gunungkidul banyak diyakini karakter batangnya lebih unik.

Daun tanaman ini memiliki tekstur yang tebal dengan bentuk seperti berulir atau berkarang. Panjang daunnya mencapai 10-20 cm dengan urat daun yang sangat jelas yang terdapat dibagian permukaan bawah daunnya. Daun-daun tak mudah berguguran, sehingga tak cepat mengotori bagian bawah tanaman.

“Taman dengan pusatnya pohon pule, lalu di sekilingnya diberi rumput hias seperti rumput gajah dan manila. Akan semakin indah dilihat, jika di rerumputan juga dikombinasi beberapa jenis tanaman hias lain,” papar Yusuf. (Yan)


 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Plum Kaya Kandungan Vitamin

BERAGAM jenis tanaman buah dapat hidup dengan baik di negara kita tercinta ini. Meski sebagian tanaman ada yang berasal dari

Close