DAUNNYA TAMPIL KHAS DAN EKSOTIS – Suplir Gajah Bikin Asri Rumah

MERAPI-SULISTYANTO Daun tanaman suplir gajah mampu tampil memikat.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman suplir gajah mampu tampil memikat.

SEBAGIAN jenis tanaman hias lebih menonjolkan keindahan daun-daunnya. Meski tak memunculkan bunga, tanaman dengan tampilan khas, eksotis dan hijau memikat tetap diburu penggemar tanaman. Termasuk di antaranya jenis suplir gajah yang bisa menambah asri suasana rumah.

Bukan hal aneh jika penyedia tanaman hias berusaha bisa memperbanyak ataupun mempunyai stok suplir gajah. Ketika mempunyai indukan, berusaha tak dijual agar sewaktu-waktu bisa diperbanyak. Seumpama hasil perbanyakan sendiri tak mencukupi dan stok kian menipis, perlu kulakan lewat penyuplai tanaman hias. Langkah seperti ini diterapkan juga oleh pimpinan usaha jual-beli tanaman dan pembuat taman Kebon Asri, Imam Bayu Nugroho.

“Suplir gajah memiliki tampilan daun eksotis, cocok ditempatkan di taman-taman, kompleks rumah, kantor-kantor, hotel sampai lokasi kuliner. Ada juga jenis suplir yang mirip suplir gajah, tapi daun-daunnya lebih lembut sering ada yang menyebut suplir air mata bayi,” jelas Bayu, Kamis (21/2).

Ditemui di lokasi usahanya yang menjadi satu kompleks dengan kuliner Wedang Kebon’s kawasan Bantulan Sleman, Bayu mengungkapkan, tinggi tanaman ini bisa kisaran satu meter. Semakin lama, rumpunnya bisa kian rimbun. Guna memperbanyak tanamannya, biasa dengan memecah rumpun tersebut. Hasil perbanyakan dapat ditanam di plastik polybag

dengan media tanam campuran sekam padi mentah, kompos dan tanah.

“Bagusnya menggunakan sekam bakar, tapi karena kami persiapkan untuk bisa dijual maupun untuk mendukung pembuatan taman bisa juga cukup menggunakan sekam mentah,” imbuhnya.

Selain cocok ditanam di pot, misalnya ditempatkan di teras rumah maupun menggunakan pot gantung, bisa juga ditanam di tanah langsung. Paling cocok ditanam di tanah yang gembur, kaya bahan organik serta tak banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Namun jika banyak mendapatkan sinar matahari pagi tak masalah. Pemupukan secara berkala dapat menggunakan pupuk organik dari kotoran ternak, kompos ataupun pupuk buatan pabrik (kimia) yang mengandung unsur N, P dan K.

Tak kalah penting, kelembaban media tanam/tanah di sekitar suplir perlu dijaga. Jika sampai kekurangan air/tanah kering, bisa memicu banyak daun maupun tangkai daun mudah kering. Salah satu solusi ketika banyak daun dan tangkainya kering, yakni segera dipotong lalu disemprot ataupun disiram air yang diberi campuran zat tumbuh dan diharapkan akan muncul tunas-tunas baru.
Ditambahkan, mayoritas daun suplir tak berbentuk memanjang, tetapi cenderung membulat. Bagian bawah daun sudah tua bagian tepinya terlihat spora warna coklat tua. Tangkai daunnya berwarna hitam dan mengkilap, kadang-kadang bersisik halus ketika dewasa. Penjualan bibit suplir gajah, biasanya tinggi tanaman belum lebih dari 50 centimeter dan rumpunnya belum banyak. Harga mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 35.000 per plastik polybag.

“Tanaman hias lain yang menonjolkan keindahan daun-daunnya seperti keladi, anthurium, puring, philodendron, iler-ileran, bromelia dan aglaonema,” papar Bayu. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Polisi melakukan olah TKP di sekitar mobil yang dibakar orang tak dikenal.
TEROR PEMBAKARAN MOBIL CALEG DIDUGA KRIMINAL MURNI-Korban Yakin tak Terkait Politik

GODEAN (MERAPI) -Caleg PDIP Supriyoko menduga aksi teror pembakaran mobil yang menimpanya tak terkait statusnya sebagai calon anggota DPRD Kabupaten

Close