Sehat, Ibadah Sekaligus Makan Enak Ala Klub Sepeda Santai Kauman

Sebagian anggota Klusska berfoto-ria di sela-sela gowes. (MERAPI-SULISTYANTO)

SALAH ikhtiar menjaga kesehatan, yakni dengan bersepeda atau gowes secara rutin. Dengan kesehatan terjaga berbagai kegiatan sehari-hari diharapkan bisa berjalan dengan baik, misalnya ibadah menjadi nyaman dan makan pun terasa enak.

Hal seperti ini diyakini segenap pengurus maupun anggota komunitas bersepeda asal Kauman Yogya bernama Klub Sepeda Santai Kauman (Klusska). Wajar saja jika slogan Klusska, yaitu Bersepeda itu Sehat, Ibadah Nyaman dan Makan Enak.Tak jarang pula saat gowes menuju beberapa tempat dibarengi dengan istirahat santai di lokasi kuliner. Tentu saja memilih lokasi kuliner yang mempunyai makanan/minuman khas, enak dan halal.

“Gowes dan kulineran hampir tak bisa dipisahkan. Setiap bersepeda rutin, kami biasa mampir di lokasi kuliner,” ungkap Ketua Klusska, Azman Latif, belum lama ini.

Beberapa agenda gowes sering juga sambil mengunjungi atau silaturahim ke rumah rekan yang dulunya pernah tinggal di Kauman, namun sudah pindah tempat tinggal. Tujuan bersepeda dengan jarak lumayan jauh, misalnya sampai kawasan Pakem, Imogiri, Kulonprogo serta Prambanan. Pernah juga sampai luar provinsi, seperti Magelang dan Magetan.

“Pada tahun baru, 2019 kami juga mengagendakan bisa gowes sampai luar provinsi lagi. Kalau jarak jauh seperti ini dikenal dengan istilah loading. Saat berangkat, sepeda diangkut kendaraan roda empat, pulangnya dinaiki ataupun sebaliknya. Bisa juga berangkat dan pulang sepeda diangkut, kita sepedaan di lokasi,” urai Azman.

Lelaki ramah yang juga Ketua Takmir Masjid Gede Kauman ini menambahkan, Klusska sebenarnya sudah ada sejak 1980-an namun sempat tidak aktif mengadakan kegiatan. Kisaran dua tahun lalu, dari hasil bincang-bincang santai di kompleks masjid setempat ada semangat kuat untuk bisa mengaktifkan lagi. Akhirnya bisa aktif lagi dan anggota yang bergabung dari berbagai kalangan, antara lain ada yang PNS, wirausahawan, pegawai swasta, guru, dosen, rektor, pelajar dan mahasiswa.

“Jumlah anggota saat ini ada sekitar 50 orang. Ketika menggelar gowes Ahad pagi berkeliling sekitar Kota Yogya, ada anggota masih pelajar SD, ibu-ibu maupun anggota dengan umur mendekati 70 tahun antusias ikut sepedaan,” paparnya.

Adanya kegiatan bersepeda seperti ini, sebut Azman, diharapkan bagian dari menjaga kesehatan, memupuk kebersamaan, kekeluargaan serta silaturahim. Selain itu dapat sebagai sarana dakwah dan ketika gowes blusukan sampai beberapa daerah akan dapat merasakan keindahan alam baru maupun merasakan makanan-minuman di lokasi kuliner baru. Keberadaan lokasi kuliner baru, misalnya dicari lewat internet maupun hasil informasi dari anggota Klusska.(Yan)


 

Read previous post:
GELAR DAGANGAN DI DALAM ALUN-ALUN WATES-6 Pelapak Permainan Ditindak Satpol PP

WATES (MERAPI) - Enam pelapak wahana permainan yang menempati bagian dalam Alun-Alun Wates ditindak tegas. Mereka dinyatakan melanggar karena membuka

Close