Kelengkeng Keteki, Buahnya Bergerombol dan Berdaging Tebal

KELENGKENG termasuk salah satu tanaman buah yang mempunyai beragam varietas. Salah satu varietas unggul, sebab memiliki aneka kelebihan, yaitu kelengkeng kateki ada pula yang menyebut varietas new Kristal II. Sebagian penggemar tanaman buah sudah menanamnya, baik di tanah langsung maupun pot.

“Cara perawatan varietas kelengkeng ini hampir sama dengan kelengkeng lain. Namun mempunyai banyak keunggulan, sehingga cocok dijadikan sebagai varietas yang mampu menghasilkan buah kelengkeng lebih maksimal,” papar pembudidaya kelengkeng, Hideo Al Muhammady kepada Merapi, belum lama ini.


Ditemui di tempat tinggalnya kawasan Candran Sleman, lelaki ramah ini menjelaskan, tanaman akan bisa lebih berbuah maksimal jika ada bantuan booster atau jenis pupuk khusus. Layak bisa dibooster, idealnya jika tanaman sudah berumur sekitar dua tahun. Rata-rata umur tiga tahun mampu menghasilkan buah antara 40-60 kilogram per pohon.

Saat musim berbuah sangat enak dilihat, antara lain mampu berbuah banyak dan buahnya bergerombol di beberapa bagian tanaman. Sedangkan cita rasa daging buahnya, manis, legit, aroma lembut dan cenderung tak berair. Selain itu berbiji kecil dan berdaging tebal. Warna bagian daging buahnya putih bening. Sedangkan ciri fisik buahnya antara lain, bentuk bulat, ukuran relative besar, warna kulit buah coklat serta bintik pada kulit buah yang berwarna coklat tua.

“Bibit kelengkeng kateki sebaiknya berasal dari perbanyakan model okulasi dan sambung pucuk. Batang bawahnya biasa menggunakan kelengkeng lokal. Cara perbanyakan seperti ini lebih bagus dan kuat dibandingkan dari cangkok,” beber Deo.

Jika bibit berasal dari biji, lanjutnya, untuk menunggu bisa berbuah lebi lama. Selain itu belum tentu mempunyai sifat yang sama dengan indukannya. Ketika kateki dikebunkan dalam jumlah banyak diharapkan mampu menghasilkan buah kelengkeng dengan kuantitas banyak dan kualitas bagus. Diharapkan pula bisa bersaing dengan buah kelengkeng import.

“Lain halnya dengan varietas rubi longan atau kelengkeng merah, lebih cocok dijadikan sebagai kelengkeng hias. Ketika ditanam sebagai tanaman buah dalam pot atau tabulampot juga menarik,” imbuhnya.

Rubi longan memiliki beberapa ciri khas, misalnya kulit buah berwarna dan daunnya juga merah. Biji buahnya cenderung lebih besar, daging buahnya manis dengan aroma relatif wangi. Ciri daging buahnya nyaris sama dengan kelengkeng varietas diamond river. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PROSPEK CERAH USAHA PARFUM LAUNDRY-Aroma Kopi Sedang Laris Manis

SEIRING  meningkatnya kesibukan atau aktivitas warga, menjadikan usaha terkait laundry mempunyai prospek cerah. Berbagai bahan kebutuhan laundry, misalnya parfum, deterjen

Close