Beri Perkutut Pakan dari Bahan Alami Berkhasiat

Andri dengan pakan dan jamu perkutut hasil racikannya. (MERAPI-SULISTYANTO)

SAAT musim liburan seperti saat ini, tak sedikit wisatawan datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain datang rombongan ada pula yang satu keluarga. Sebagian berkunjung ke objek-objek wisata, bertemu sanak-saudara sekaligus urusan terkait hobi maupun bisnis.

Seperti halnya Jois Andri C pemilik peternakan perkutut Andri Bird Farm asal Bekasi Timur sekaligus pembuat pakan dan jamu burung anggungan, datang ke DIY tak sekadar berwisata saja. Namun berusaha juga bisa bertemu dengan sesama penggemar perkutut/burung anggungan lain (derkuku/puter). Bahkan berburu juga tanaman bonsai serut yang sudah jadi sampai ke pemilik bonsai di kawasan Imogiri Bantul.

“Saya juga membawa pakan berkualitas racikan saya sendiri untuk perkutut, derkuku dan puter pelung. Ada juga jamu untuk burung anggungan tersebut yang terbuat dari bahan-bahan alami,” jelas Andri, baru-baru ini.

Ditemui di lokasi kuliner kawasan Kasihan Bantul, bapak dari enam anak ini mengungkapkan, pakan perkutut dengan label Semar menggunakan campuran beberapa bahan berkualitas antara lain ada milet putih, jewawut, ketan hitam dan gabah. Manfaat atau khasiatnya bagi perkutut maupun burung anggungan, antara lain membantu menyehatkan, meningkatkan power saat bunyi (membantu buka suara depan) dan merangsang burung lebih rajin bunyi (manggung).

“Selain itu bisa meningkatkan birahi dan kesuburan pasangan indukan di kandang ternak,” beber Andri. 

Baik pakan maupun jamu perkutut racikannya masih banyak dipasarkan secara online. Meski demikian beberapa kung mania di beberapa kota sudah menjadi agen. Namun ada pula yang langsung menghubunginya, bahkan datang langsung ke tempatnya di kompleks Andri BF kawasan Bekasi Timur. Tak jarang pula, kung mania yang sedang ke DKI Jakarta menyempatkan mampir ke tempatnya.

Jamu perkutut maupun burung anggungan lain, sebut Andri, dibedakan menjadi dua warna yaitu biru dan kuning. Jamu Semar biru mempunyai khasiat antara lain membantu menyehatkan burung yang sedang sakit. Jenis sakitnya beragam, misalnya berak hijau, mendadak kurus/tak nafsu makan dan stress. Tak kurang dari 37 macam bahan alami dijadikan bahan ramuan untuk jamu ini. Sedangkan jamu yang warna kuning antara lain berkhasiat membantu menyehatkan burung, untuk meningkatkan power saat bunyi (bantu buka suara depan) serta merangsang burung lebih rajin bunyi. Jumlah bahan alami berkualitas yang digunakan ada sekitar 40 macam.

“Bahan yang kami gunakan antara lain ada daun saga dan daun katuk. Masih ditambah juga bakteri probiotik,” ungkap Andri. (Yan)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Kompol Yudi Bayu (tengah) menunjukan barang bukti hasil kejahatan tersangka John Weko
PERAMPOK LINTAS PROPINSI DITANGKAP PSK Diborgol, Disekap di Kamar Hotel

MLATI (MERAPI)-Perampok sadis Jimmy Muliku alias John Weko (39) warga Tangerang, Banten diringkus aparat Polsek Mlati setelah merampok seorang pekerja

Close