Musim Hujan Saatnya Berburu Aneka Tanaman Hias

Para Guru SMPN 2 Sentolo saat berburu tanaman hias. (MERAPI-SULISTYANTO)

SAAT musim penghujan, semangat menanam tanaman termasuk tanaman hias semakin meningkat. Sebagian sekolah pun berkeinginan menata ulang taman maupun menambah jenis-jenis tanaman hias, sehingga suasana sekolahan tak terasa gersang, namun kian asri, sejuk dan indah.

Seperti halnya beberapa guru dari SMPN 2 Sentolo Kulonprogo, Kamis (6/12), berburu aneka jenis tanaman hias baik kelompok <I>outdoor<P> maupun <I>indoor<P> di penjualan tanaman kawasan Moyudan Sleman.

“Untuk tanaman hias kelompok indoor yang sudah di pot, bisa juga kami tempatkan di ruang tamu tertata rapi. Tanaman indoor yang kami pilih antara lain ada aglaonema, keladi mini dan sansivera,” kata Kepala SMP N 2 Sentolo, Nugraheni Dwi Wuryantina SPd usai memilih beberapa jenis tanaman.

Kelompok tanaman indoor, lanjutnya, tak butuh banyak sinar matahari, sehingga banyak ditempatkan di dalam ruangan tak masalah. Namun secara berkala bisa juga dijemur sejenak, terutama pada pagi hari. Sedangkan kelompok tanaman hias outdoor antara lain ada krokot, karambosa dan lavender. Bahkan ada tanaman buah, yaitu kelengkeng, jeruk dan mangga.

Jenis tanaman buah ini cukup ditanam di pot atau dikenal sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot). Selain dapat dipindah-pindah juga tak banyak makan tempat. Selain itu juga menanam tanaman berkhasiat obat, halaman belakang sekolah. Tanaman obat yang sudah ditanam antara lain sirih hijau, belimbing wuluh, kunyit dan laos.

“Perawatan tanaman yang pokok kami percayakan kepada tukang kebun sekaligus jaga malam di sekolah kami. Tapi setiap Jumat beberapa guru dan siswa dijadwal ada yang kerja bakti. Lain halnya kerja bakti secara massal pada waktu-waktu tertentu saja,” beber Nugraheni.

Pada kesempatan tersebut, ia mengajak guru lainnya yaitu Marjiyem SPd, Ch Sumarni SPd dan Sri Kamiyati SPAK. Ketika memilih-milih tanaman didampingi juga penjual tanamannya, sehingga bisa langsung bertanya seperti soal harga maupunperawatannya. Beberapa jenis tanaman indoor, bahkan ada yang dibelikan batu-batu kecil warna putih untuk ditata di permukaan media tanam.

“Dengan adanya batu-batu kecil semakin menambah bersih dan tampilan indah tanaman indoor,” tambahnya.

Sementara itu menurut pemilik penjualan tanaman setempat, Sukatman, aneka jenis tanaman kelompok indoor tak membutuhkan banyak sinar matahari. Sehingga pihaknya perlu membuatkan tempat khusus untuk menata tanaman indoor, misalnya dibuatkan rak-rak. Bagian atas masih dipasangi jaring paranet layaknya atap. Ada pula yang diberi atap plastik bening.

“Tanaman hias yang dikelompokkan sebagai tanaman outdor, dapat kami tempatkan di tanah-tanah serta banyak terpapar sinar matahari tak masalah,” tandasnya. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO Ribuan suporter PSS Sleman bersama official serta pemain PSS Sleman melakukan kirab perayaan juara Liga 2 di Denggung, Sleman.
PEMAIN PSS DIELU-ELUKAN PULUHAN RIBU SUPORTER- Berharap Tak Hanya Jadi Penggembira Liga 1

SLEMAN (MERAPI)- Puluhan ribu pendukung PSS Sleman turun ke jalan untuk merayakan kesuksesan tim pujaannya meraih gelar juara Liga 2

Close