Kenari Panda, Perpaduan Hitam-Putih Tampil Unik

Rizky mengoleksi kenari dengan warna bulu perpaduan hitam-putih.  (MERAPI-SULISTYANTO)
Rizky mengoleksi kenari dengan warna bulu perpaduan hitam-putih.  (MERAPI-SULISTYANTO)

BUDIDAYA burung berkicau jenis kenari masih menjanjikan untung. Wajar saja jika sebagian kicau mania masih semangat dalam usaha menangkarkan kenari. Beberapa warna bulu kenari, terutama yang tampil unik dan eksotik kian dicari penggemar satwa ini.

“Salah satunya kenari dengan perpaduan bulu warna hitam dan putih atau sering disebut kenari panda. Ketika babon kenari rutin bertelur, cukup jarang mampu menghasilkan kenari panda,” ungkap penggemar dan pembudidaya kenari, Rizky Fauzie, Senin (24/9).

Ditemui di tempat tinggalnya kawasan Mertosutan Godean Sleman, Rizky menjelaskan, anakan atau piyik kenari umur kisaran 1,5 bulan sudah biasa dijualbelikan. Khususnya jenis jantan sudah belajar bersuara atau <I>ngriwik<P>. Pemburu kenari jantan, mayoritas senang mencari atau membeli yang masih anakan. Sedangkan pencari kenari betina, paling senang memilih yang dewasa atau siap dijodohkan, minimal umur enam bulan.

“Cara penjodohan kenari, ada beberapa pilihan. Ada yang cukup mencampurkan atau mengawinkan jantan serta betina pada pagi dan sore hari saja. Kalau saya memilih dicampurkan sampai betina kenari bertelur minimal tiga butir. Setelah itu kenari jantan diambil dan bisa dijodohkan betina lain,” paparnya.

Dalam sangkar penangkaran, ia biasa menyediakan serat nanas dan kapas. Bahan ini akan diambil kenari untuk dijadikan sarang. Jumlah telur maksimal lima butir. Sedangkan masa pengeraman rata-rata 14 hari. Dari lima butir telur belum tentu bisa menetas semua. Ketika ada yang menetas dan ada warna bulu perpaduan hitam-putih atau kenari panda, termasuk menjadi suatu kegembiraan tersendiri.

Ketika anakan kenari umur sekitar tiga minggu, biasanya sudah turun dari sarang serta belajar makan sendiri. Minimal umur satu bulan biasa sudah benar-benar mampu makan sendiri. Jenis makanan pokoknya terutama biji-bijian, misalnya ada kenari seed, biji sawi, niger dan milet putih. Khususnya niger paling disenangi kenari apalagi saat musim dingin, sebab mampu membantu menghangatkan badan. Campuran pakan seperti ini dapat mencampur sendiri ataupun membeli yang sudah campuran. Pakan tambahannya antara lain sayur sawi dan selada.

“Kalau jenis buah misalnya, apel dan pir. Saat <I>ngloloh<P> dapat diberi juga telur puyuh ataupun telur ayam kampung rebus. Telur-telur ini mempunyai nilai gizi tinggi, sangat dibutuhkan babon kenari yang sedang <I>ngloloh<P> maupun untuk pertumbuhan anakan kenari,” urai Rizky. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ingat, Jatuh Tempo Bayar PBB Hari Minggu

UMBULHARJO (MERAPI) - Menjelang jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), masyarakat diminta memperhatikan waktu pembayaran. Mengingat jatuh tempo PBB

Close