Berbahan Mentimun Lawan Hipertensi

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman berbahan mentimun, selasih dan nata decoco bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan mentimun, selasih dan nata decoco bermanfaat bagi kesehatan.

GANGGUAN kesehatan darah tinggi atau hipertensi bisa berpeluang menyerang siapa saja. Pemilik keluhan kesehatan ini perlu sering hati-hati ketika akan menyantap sejumlah makanan pemicu munculnya hipertensi.

Adapun salah satu bahan alami berperan membantu mencegah dan melawan hipertensi, yakni mentimun. Bahan alami seperti ini bisa juga dibuat minuman menyegarkan, dengan cara diserut ataupun dipotong kecil-kecil. Lalu bisa dipadu dengan bahan alami selasih dan nata decoco (terbuat dari air kelapa). Minuman alami menyehatkan seperti ini rutin juga dikonsumsi Ari Susanto yang tinggal di Tridadi Sleman.

“Minuman segar menyehatkan seperti ini cocok dikonsumsi kapan saja, bisa mendukung kesehatan baik usaha pencegahan maupun melawan gangguan kesehatan,” ungkap Ari kepada Merapi.

Apalagi selain mentimun, sebutnya, juga ada tambahan nata decoco dan biji selasih yang juga bagus untuk kesehatan badan. Mentimun selain sebagai musuh hipertensi, juga termasuk bahan alami berkhasiat membantu membersihkan ginjal serta musuh sariawan. Sedangkan untuk pemakaian luar, misalnya untuk membantu melawan jerawat. Jika sebagai musuh jerawat , yakni dengan mengiris-iris kecil kecil buah mentimun lalu diletakkan di atas jerawat. Ketika bisa dilakukan secara rutin, diharapkan bisa segera sembuh.

Lain halnya dengan biji selasih, antara lain diyakini bisa membantu menurunkan panas tubuh, menambah selera makan dan mengatasi batuk-demam. Tak kalah penting, biji selasih diyakini mempunyai khasiat kesehatan sebagai anti biotik yang mampu melawan bakteri. Khasiat penting lainnya, yakni dapat digunakan sebagai bahan alami untuk luar badan, antara lain membantu menghaluskan kulit wajah. Cara membuat ramuan, biji dihaluskan hingga menjadi bubuk biji selasih secukupnya. Ditambah air dingin secukupnya dan dibalurkan pada kulit wajah serta didiamkan beberapa saat. Lalu dibersihkan dengan air. Cara ini dapat dilakukan satu kali sehari. Adapun perbanyakkan tanaman dengan menggunakan bagian biji. Penanaman tanaman yang sekerabat dengan kemangi ini bisa di pot, polybag maupun tanah langsung. (Yan)

Read previous post:
Mentan Syahrul Ingin Tingkatkan Usaha Tani Menjadi Skala Bisnis

JAKARTA (HARIAN MERAPI) - Pengalaman selama ini menunjukkan sektor pertanian mampu bertahan dalam kondisi pelambatan perekonomian Indonesia maupun dunia. bahkan

Close