Pancake Durian Miliki Penggemar Fanatik

MERAPI-SULISTYANTO Slamet dan beberapa produk olahan durian.
MERAPI-SULISTYANTO
Slamet dan beberapa produk olahan durian.

PENGGEMAR fanatik buah durian tersebar di seantero nusantara. Sebagai variasi menikmati daging buah ini, pelaku bisnis durian biasa berinovasu dengan berbagai cara, misalnya dapat berwujud pancake, es krim, bakpia, es kepal dan sup durian. Meski sudah diolah menjadi wujud minuman maupun makanan, akan tetap bisa dirasakan kekhasan aroma dan cita rasa durian.

Seorang pengusaha olahan durian, Slamet Pandoyo mengatakan, olahan khusus pancake dan es krim mempunyai penggemar fanatik. Setiap kali dia membuat olahan durian ini, stoknya bisa cepat habis. Sedangkan yang wujud bakpia, ia kerjasama dengan mitranya yang biasa membuat bakpia. Pihaknya cukup menyediakan bahan baku daging buah durian.

“Ketika bakpia durian sudah selesai dibuat, sebagian hasilnya dibawa ke sini untuk kami jual. Lain halnya dengan pancake dan es durian, kami sudah mampu membuat sendiri,” papar Slamet saat ditemui di rumah sekaligus tempat usahanya di kawasan Kamal Wetan Mlati Sleman, baru-baru ini.

Lelaki yang sudah 20 tahun menerjuni usaha bidang durian ini mengatakan, bahan baku daging durian banyak diperoleh dari durian asal Sumatera maupun Jawa. Sekitar empat bulan lagi, pohon durian di Jawa akan panen raya, misalnya asal Kulonprogo, Magelang, Purworejo dan Semarang. Pihaknya pun akan menyediakan buah durian segar dalam jumlah banyak. Lain halnya jika durian setoran dari Sumatera, stok buah durian tak bisa melimpah.

Dijelaskan, sebagian stok buah durian, apalagi yang sudah tua dan mau pecah kulitnya biasa diproses untuk dijadikan durian kupas lalu difreezer dengan suhu tertentu atau menjadi wujud frozen. Durian kupas ini tanpa diberi bahan pengawet apapun. Tingkat manisnya maupun warna tetap terjaga, sehingga penggemar buah durian tetap bisa menikmati kelezatannya tanpa perlu repot-repot membelah kulit durian. Durian kupas ini pun dapat dijadikan bahan baku membuat aneka olahan makanan dan minuman.

“Tahapan membuat pancake durian, dapat dibagi dua bagian yaitu kulit dan isinya,” tandas Slamet.

Dia lantas membagi tips membuat pancake durian. Menurut Slamet, isi dari makanan ringan ini intinya hancuran atau lumatan daging durian yang ditambah vla/krim lalu diselimuti kulit pancake. Ada banyak kreasi dalam membuat pancake yang mengkombinasikan isinya dengan berbagai rasa seperti coklat, keju, stroberi dan madu. Adapun bahan untuk membuat kulit pancake antara lain tepung terigu, telur ayam, susu cair dan pasta pandan. Garis besar cara membuatnya, kata Slamet, yakni menyampurkan tepung terigu,telur ayam,susu cair dan pasta pandan. Semua bahan diaduk sampai merata. Selanjutnya mengolesi teflon dengan sedikit mentega. Teflon dipanasi dengan api kecil, bila sudah panas teflonnya, lalu adonan tadi dimasukan untuk dibuat dadar berbentuk bulat tipis. Tunggu hingga matang dan berwarna kuning keemasan dan diangkat. Bahan kulit pancake ini siap diisi dengan krim dan daging durian dan bagian kulit dilipat rapi. Cara ini diulang sampai bahan kulit maupun isi habis. (Yan)

 

Read previous post:
BAKTI PATIH DANUREJO BAGI KASULTANAN (04) – Cikal Langen Mandra Wanara

Di bidang pertahanan keamanan Patih Danureja VII mengusulkan pengurangan jumlah personil prajurit dengan alasan bahwa soal keamanan telah dibantu oleh

Close