SOTO SOKARAJA BISA DIMODIFIKASI – Rempah-rempah Jadi Kunci Kelezatannya

MERAPI-SULISTYANTO Seporsi soto Sokaraja yang sudah dimodifikasi seperti kerupuknya dan tak menggunakan lontong.
MERAPI-SULISTYANTO
Seporsi soto Sokaraja yang sudah dimodifikasi seperti kerupuknya dan tak menggunakan lontong.

SOTO dengan cita rasa lezat asal Sokaraja Jawa Tengah dikenal dengan sebutan sroto Sokaraja. Tak sedikit juga yang menyebut dengan nama soto Sokaraja. Jenis masakan ini bisa tersebar di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sebagian pemilik kuliner soto Sokaraja di daerah lain bisa memodifakasi atau tak harus sama persis dari asalnya.

Namun penggunaan rempah-rempah asli Indonesia terutama dalam bumbu kuahnya tetap diutamakan, sebab termasuk salah satu kunci lezatnya soto Sokaraja. Beberapa ciri khas lainnya, antara lain dipadu dengan bumbu kacang dan disajikan bersama kerupuk. Selain itu menggunakan lontong maupun ketupat serta ada dua pilihan baik soto daging sapi maupun ayam. Jika daging ayam, kuahnya menggunakan kaldu ayam.

“Jenis rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu cukup beragam, misalnya ada jahe, kunyit, cengkih, serai, kapulaga, lengkuas, daun jeruk, bawang merah dan bawang putih,” ungkap pemilik kuliner soto Sokaraja di kawasan Jenderal Sudirman Yogya, Umadiyani kepada Merapi, kemarin.

Dengan menggunakan aneka rempah-rempah, sebutnya, ia pun memberanikan menyebut sebagai soto herbal Sokaraja. Kuah yang ditambahkan sedikit kunyit akan member pengaruh pada penampilan kuah dengan warna bening kekuningan. Sedangkan untuk citarasa dan keharuman aroma antara lain dipengaruhi adanya daun sereh, lengkuas, cengkih dan jahe. Saat disajikan ke konsumen, selain daging sapi atau ayam, ada lagi daun bawang (loncang), selederi dan bawang merah goreng.

“Jenis kerupuk kalau aslinya menggunakan kerupuk cantir yang ada warna-warnanya. Tapi dapat juga diganti kerupuk bawang dengan warna polos yang mudah ditemukan di pasaran,” jelas Umadiyani.

Selain itu jika aslinya menggunakan lontong ataupun kupat, dapat diganti juga dengan nasi putih biasa. Nasi dapat memilih model dicampur dengan soto ataupun dipisah. Sedangkan bumbu atau sambel kacangnya mirip dengan soto Makasar. Hanya saja tak dimasak langsung bersama kuah, sehingga penderita asam urat aman-aman saja untuk rutin menyantap soto Sokaraja. Sambel kacang ini tak terlalu pedas, sehingga walaupun membubuhkan banyak sambel kacang, tak akan terasa terlalu pedas.

Lain halnya untuk membuat sambel kacang, yakni menggunakan bahan baku kacang tanah goreng yang digiling hingga lumat dan halus. Ada beberapa resep untuk membuat bumbu kacang, baik ditumbuk kasar sehingga masih berbutir dan renyah, hingga digiling halus seperti selai kacang. Campuran lain misalnya kecap manis, santan, laos, bawang putih, merica, jintan, serai, cabai, gula jawa, air jeruk nipis, daun jeruk, dan lain-lain, serta ditaburi bawang goreng. (Yan)

 

Read previous post:
Yonif 403/WP Halal Bihalal

Suasana Idul Fitri 1439 H masih sangat terasa di satuan Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP. Usai melaksanakan apel pagi, seluruh prajurit

Close