5 Manfaat Kesehatan dari Berlari

OLAHRAGA memiliki banyak manfaat di dalam tubuh. Salah satu kegiatan olahraga yang paling sering dilakukan adalah olahraga lari.

Berlari ternyata diminati oleh banyak orang. Alasannya adalah karena olahraga lari dianggap low budget atau tidak menguras banyak biaya, lebih praktis, dan tidak membutuhkan modal untuk memulainya. Ini berbeda dengan olahraga lain yang harus membeli alat terlebih dahulu agar bisa memulai kegiatan olahraga.

Meski berlari dianggap olahraga yang simpel, namun jangan sepelekan olahraga ini. Pasalnya kegiatan berlari memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh. Apalagi jika Anda memakai sepatu lari terbaik dimana Anda akan merasa nyaman saat berlari.

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas 5 manfaat kesehatan dari berlari yang perlu Anda ketahui, supaya Anda semakin yakin untuk memilih kegiatan lari sebagai olahraga pilihan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak
    Salah satu manfaat yang paling utama ketika melakukan olahraga lari adalah membuat Anda dapat tidur menjadi lebih nyenyak. Menurut para ahli dari John Hopkins mengatakan bahwa berlari mampu untuk membuat seseorang tidur lebih cepat dan lebih berkualitas.

Lebih lanjut lagi menurut artikel dari American Journal of Lifestyle Exercise mengungkapkan bahwa hubungan antara olahraga lari dengan tidur lebih nyenyak memiliki keterkaitan yang erat satu sama lain. Semakin intens melakukan olahraga lari, maka Anda akan semakin membutuhkan tidur yang lebih berkualitas. Inilah mengapa olahraga lari membuat Anda lebih mudah tertidur dengan nyenyak.

  1. Memperkuat Sistem Imun dalam Tubuh
    Imun tubuh menjadi semakin kuat bila Anda melakukan kegiatan berlari sebagai olahraga pilihan. Dilansir dari buku Muscle and Exercise Physiology mengatakan bahwa melakukan kegiatan berlari dalam intensitas sedang mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih meningkat. Selain itu olahraga lari juga mampu mengatasi resiko infeksi di dalam tubuh.

Penelitian tentang melakukan olahraga lari juga dapat dipertimbangkan melalui penelitian makalah Nieman dan Laurel M. Wentz tahun 2019. Makalah ini mengatakan bahwa berlari dengan intensitas dan diet yang tepat mampu memperkuat sistem antibodi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan komposisi mikrobiota yang ada di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Depresi
    Banyak orang yang melakukan olahraga lari karena memiliki manfaat yang baik di dalam tubuh. Dari beberapa wawancara mengatakan bahwa alasan mereka berlari adalah karena perasaan mereka menjadi lebih baik setelah berolahraga lari. Di samping itu olahraga ini juga membuat mental, energi, dan suasana hati mereka jauh lebih tenang.

Berolahraga lari memiliki manfaat yang sama dengan psikoterapi dan menjadi obat alternatif menggantikan perawatan dan obat depresi yang cenderung mahal. Meskipun begitu, depresi adalah penyakit yang serius. Sehingga mau tidak mau harus menggunakan pengobatan medis dan olahraga lari agar dapat mengurangi gejala depresi yang bisa datang sewaktu-waktu.

  1. Menurunkan Tekanan Darah
    Tekanan darah juga dapat diturunkan dengan cara berlari. Dilansir dari Journal of the American Society of Hypertension mengatakan bahwa olahraga seperti aerobik dan olahraga training seperti lari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan baik secara sistolik maupun diastolik.

Tekanan darah yang turun dengan berlari tidak dilakukan hanya satu kali saja. Dibutuhkan olahraga lari yang stabil dan efektif agar tekanan darah menjadi lebih stabil.

  1. Mampu Menurunkan Berat Badan
    Manfaat terakhir dari berlari adalah mampu untuk menurunkan berat badan. Menurut ahli gizi dari New York oleh Natalie Rizzo mengatakan bahwa berlari adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan secara lebih efektif.

Alasan mengapa berlari bisa menurunkan berat badan adalah karena kegiatan ini mampu membakar kalori dengan cepat. Apalagi bila dibandingkan dengan bersepeda atau melakukan latihan kekuatan otot.
Catatan
Masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan kegiatan berlari. Beberapa di antaranya seperti mencegah penyakit alzheimer, mengurangi resiko kanker di dalam tubuh, mengurangi gejala diabetes, memperkuat tulang kaki dan tulang punggung, hingga mampu meningkatkan stamina dalam tubuh.

Bila Anda ingin melakukan olahraga lari, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, beberapa di antaranya dengan menyediakan sepatu lari terbaik, melakukan pemanasan sebelum berlari, tidur yang cukup, dan tentunya dengan sarapan atau makan terlebih dahulu.

Itulah kelima manfaat kesehatan dari berlari, semoga Anda sudah yakin dan mantap untuk memilih lari sebagai olahraga yang mampu membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih sehat. ***

Read previous post:
Keluarga Korban Pembunuhan Sekeluarga Minta Pelaku Dituntut Hukuman Mati

Close