ANDIKA PANDU SOSIALISASI EMPAT PILAR DI MOYUDAN “Mari Kita Implementasikan Dalam Kehidupan Sehari-hari…”

POLITISI muda yang juga anggota Komisi I DPR RI fraksi Gerindra, Andika Pandu Puragabaya, Kamis (3/12/2020) memberikan sosialisasi serta pemahaman terkait Empat Pilar di Desa Sumberarum, Moyudan, Sleman. Politisi yang sudah kali kedua melenggang dan duduk sebagai wakil rakyat ini menjelaskan, bahwa setiap negara mempunyai bentuk pilar dan dasar-dasar Negara. Begitu juga halnya dengan Indonesia. Negara Indonesia memiliki empat pilar dalam menjaga keutuhan negara. Dalam sosialisasi yang dihadiri masyarakat di desa tersebut berlangsung tertib dan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

Andika Pandu memaparkan, jika empat pilar kebangsaan itu merupakan pijakan bagi warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kita sebagai warga negara yang baik dan taat aturan harus mengamalkan dan mengimplementasikan empat pilar itu dalam kehidupan sehari-hari. Sebab konsep empat pilar kebangsaan itu adalah untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti halnya membuat bangunan agar menjadi kokoh dan kuat tentu dibutuhkan pilar-pilar atau penyangga agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. Begitu juga halnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas putra mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Alm Djoko Santosa dihadapan warga.

Dirinya mengatakan, sebagai warga Indonesia tentu harus memahami apa yang dinamakan dasar dan landasan negara. Di sinilah Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemudian UU 1945  merupakan konstitusi negara. Dalam UU tersebut terdapat makna penting yang secara jelas terdapat dalam pembukaan dan batang tubuh UU tersebut.

“?Dengan  empat pilar ini kita semua dapat memahami tentang kebhinekaan tunggal ika. Dimana kendati  kita memiliki beragam perbedaan suku, agama, bahasa, tetapi tetap satu tujuan yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Empat pilar juga bisa melahirkan rasa kebersamaan diantara sesama,”  sambungnya dengan tegas.

Sedangkan, sejumlah tokoh masyarakat yang torut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi Empat Piular yang disampaikan oleh anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya memiliki manfaat yang begitu besar bagi warga di Desa Sumberarum, Moyudan, Sleman ini.

“Kami berikan apresiasi positif dan berterimakasih. Sosialisasi Empat Pilar yang disampaikan Mas Andika Pandu Puragabaya berdampak baik dan bermanfaat bagi warga di sini, sehingga warga dapat memahami nilai-nilai luhur yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan.  (Fin)

Read previous post:
Posko Aman J3K Pastikan Mitra Driver Bisa Narik Aman dan Nyaman

Close