Lazada Bagikan Tips Jitu Transaksi Berlimpah Sambut Harbolnas

JAKARTA (HARIAN MERAPI) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melansir, pertumbuhan UMKM yang membuka toko online bertumbuh dari 8 juta di tahun 2019 menjadi 9,4 juta di tahun 2020 ini. Momentum ini penting bagi penjual di platform online untuk meningkatkan penjualan adalah Festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 yang kini memasuki tahun ke-8.

Harbolnas merupakan puncak festival belanja online di Indonesia, sekaligus ajang terbesar bagi pelaku UMKM di eCommerce untuk meningkatkan penjualan mereka hingga berkali lipat, dengan memberikan berbagai promo yang menarik bagi para konsumen.

Memahami pentingnya peran UMKM bagi perekonomian Indonesia, dibutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak untuk mendukung UMKM bertahan di tengah pandemi yang berkepanjangan. Oleh karenanya, Lazada dan idEA kembali menggelar webinar edukasi yang bertajuk ‘Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah’, Jumat (27/11), untuk membantu para pelaku UMKM yang berekspansi di jalur online, agar dapat menjalankan usahanya secara efektif dan meraih kesuksesan.

Menurut Executive Director idEA, Arshi Adini, tahun 2020 terdapat lebih dari 250 platform online yang mendaftar dalam festival belanja online Harbolnas yang dikawal oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Data dalam dua tahun terakhir menunjukkan festival Harbolnas berhasil menaikkan transaksi hingga 20 persen. Adanya pertumbuhan signifikan dalam kegiatan jual-beli online melalui Harbolnas, lanjut Arshi, dapat memberikan ruang yang besar bagi pelaku UMKM untuk tumbuh dan mendapat manfaat langsung berupa berbagai promo dari perbankan dan platform ecommerce maupun logistik di masa pandemi.

“Harbolnas diharapkan dapat membantu roda perekonomian dengan mendorong daya beli konsumen dengan penawaran khusus, dan juga meningkatkan transaksi para pelaku usaha online di E-Commerce, termasuk para pelaku UMKM ini,” katanya.

Setelah mempelopori Harbolnas di tahun 2012 lalu, kali ini Lazada kembali memperkenalkan konsep festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional. Salah satu pendorong Harbolnas adalah komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Lazada sebagai upaya untuk menstimulasi perekonomian digital. Lazada memperpanjang periode festival belanja akhir tahun ini menjadi tiga hari untuk memastikan baik seller maupun konsumen bisa mendapatkan kesempatan lebih besar atas deal terbaik di tahun ini.

SVP Traffic Operations & Sellers Engagement, Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro menjelaskan, Lazada mempersiapkan sellers untuk menghadapi festival belanja akhir tahun 2020 Garbolnas ini dengan berbagai kegiatan. Selain melalui kegiatan rutin Lazada Club, seperti LazNongkrong, dan juga workshop dengan komunitas-komunitas sellers di kota-kota tujuan secara online, pihaknya juga kembali mengadakan acara sellers tahunan kami, Sellers Conference: Lazada Level Up di bulan September lalu secara online dan diikuti oleh lebih dari 12.500 sellers dari seluruh Indonesia.

“Hal ini menunjukkan bahwa minat untuk menjadi sellers online sangat tinggi, terutama di tahun ini,” ungkapnya.

Melalui kegiatan LazNongkrong yang diadakan secara rutin oleh komunitas, Lazada Club, seller dapat memperoleh berbagai tips dan trik mengenai sukses berjualan online dari sesama seller. Selain itu, materi pembelajaran juga selalu tersedia di platform Lazada University yang bisa diakses kapan pun oleh semua seller. Selain forum sharing offline dan juga online, Lazada juga menyediakan sebuah fitur penting yang terdapat di platform Lazada Sellers Center yaitu, fitur Analisa Bisnis, yang menyediakan data dan wawasan yang bisa digunakan seller dalam mempersiapkan strategi penjualan yang efektif saat festival belanja.

“Salah satu misi Lazada adalah untuk memberdayakan bisnis UMKM agar mendapatkan manfaat, baik keuntungan bisnis, maupun manfaat sosial bagi lingkungan sekitarnya,” paparnya.

Haikal mengutarakan, tidak ada cara yang baku untuk dapat sukses berjualan online. Yang paling penting adalah untuk selalu berani mencoba hingga menemukan ramuan sukses yang tepat dan efektif untuk masing-masing toko. Walau demikian, Haikal menyimpulkan ada tiga area penting yang perlu diperhatikan seller apabila ingin sukses berjualan online yaitu konten promosi dan interaksi dengan konsumen.

Salah satu pelaku UMKM yang telah merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan Lazada bagi para sellers-nya adalah Aseel Abri, Pemilik Bacter Online Shop, Lazada Indonesia. Sejak bergabung di Lazada di tahun 2019, Aseel banyak belajar dari sesama seller terutama saat mengikuti berbagai kegiatan komunitas, seperti Lazada Club, dan yang terakhir adalah Lazada Level Up Seller Conference yang baru-baru ini diadakan.

Aseel menjelaskan, bahwa ia memutuskan untuk tidak hanya mengikuti berbagai kampanye belanja yang diadakan dan memberikan berbagai promo dan hadiah menarik bagi konsumen, namun demi meraih sukses, ia memastikan komunikasi yang baik, cepat dan tepat dengan konsumen.

“Bagi saya, hal tersebut merupakan salah satu cara paling baik untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, yang kemudian menjadikan toko saya sebagai top of mind mereka. Hal tersebut sejauh ini terbukti paling efektif membantu saya untuk mengembangkan usaha, bahkan bisa menjadi salah satu Top Sellers di Lazada,” imbuhnya.

Setelah bergabung di Lazada selama satu tahun ini, Toko Batu Akik Bacter Online Shop miliknya, mampu mengirimkan puluhan ribu order ke pembeli di seluruh Indonesia dan mendapati pertumbuhan usahanya meningkat hingga 1.200 persen.

Tiga Hari Harbolnas Lazada akan berlangsung pada 12-14 Desember 2020 dengan berbagai program menarik bagi sellers dan konsumen. Lazada berkomitmen untuk terus mendukung percepatan transformasi digital bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia demi pergerakan roda perekonomian yang berkelanjutan. (*)

Read previous post:
Kartun Jurukunci, Sabtu (28/11/2020)

Close