Ajak Si Kecil Berenang Lalu Santap Ikan

MERAPI-AMIN KUNTARI
Suasana kompleks hiburan Bangkong Lestari Aji.

BINGUNG memilih tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama si kecil? Anda bisa mengajaknya ke wilayah Kalibawang, Kulonprogo. Di sana, ada kompleks tempat hiburan yang menyajikan kolam renang, rumah makan dan kolam ikan, serta danau kecil lengkap dengan kapal yang dikelilingi pemandangan hijau nan segar. Menarik bukan?

Terletak di Kalurahan Banjarharjo, kompleks tempat hiburan dengan nama Bangkong Lestari Aji tersebut cukup mudah diakses. Butuh waktu sekitar 45 menit menuju lokasi jika anda memulai perjalanan dari Wates kota, atau sekitar 30 menit dari wilayah Godean Sleman. Jangan khawatir, jalan menuju Bangkong Lestari Aji tidak terlalu menanjak berliku.

Begitu sampai di lokasi, anda akan disambut kolam renang kecil yang dikhususkan untuk anak-anak. Kedalamannya hanya sekitar 40cm. Kolam renang ini juga dilengkapi ember tumpah, meski tidak sebesar yang ada di kolam renang dewasa. Pemilik memang sengaja menyediakan kolam renang tersebut sebagai arena bermain anak-anak usia PAUD dan TK. Harga tiket masuknya terbilang murah, yakni Rp 5.000 per anak.

“Saya bangun kolam renang ini karena di wilayah Kalibawang belum ada. Apalagi khusus anak-anak. Biasanya, anak-anak PAUD dan TK yang ingin berenang harus pergi ke Godean,” kata pemilik Bangkong Lestari Aji, Suparmi (47) saat disambangi wartawan, Jumat (27/11).

Jika tidak ingin berenang, anda bisa memanjakan mata di kebun bunga yang memenuhi area Bangkong Lestari Aji. Warna-warni bunga yang sedang mekar akan menjadi spot foto menarik bagi para pengunjung. Kawasan itu juga dilengkapi dengan jembatan mini yang apik dan instagramable.
“Luas total lahan ini sekitar satu hektare,” imbuh Suparmi.

Melangkah lebih jauh, ada sebuah danau kecil dengan air kehijauan yang terletak di ujung area. Menariknya, di danau itu juga tersedia kapal kecil dan sepeda air berbentuk bebek. Untuk menaikinya, anda hanya diminta membayar Rp 5.000 per orang. Murah bukan? Bisa mengelilingi danau sambil melihat pemandangan hijau.

Nah, setelah puas mengelilingi kompleks hiburan Bangkong Lestari Aji, pengunjung pastinya merasa lapar. Tidak perlu khawatir, karena di kompleks tersebut ada rumah makan dengan tempat yang cocok untuk bersantai. Di dalam bangunan panggung berbahan bambu, pengunjung bisa beristirahat sembari menikmati hijaunya pemandangan sekeliling berupa sawah dan pepohonan. Cukup menenangkan untuk melepas penat setelah beraktivitas di perkotaan.
“Kami lengkapi dengan rumah makan agar pengunjung tidak bingung mencari santapan saat merasa lapar setelah berenang,” katanya.

Pemilik menjamin, ikan yang disajikan sebagai menu di rumah makan tersebut masih segar karena ditangkap saat ada pesanan dari konsumen. Pengunjung bahkan boleh melihat proses menjaring ikan. Namun sayang, pengunjung tidak diperbolehkan memancing karena dikhawatirkan menyakiti ikan. Beragam menu yang tersedia di antaranya pepes ikan, ikan asam pedas manis, pecak ikan dan sebagainya. Jenis ikan yang dimasak yakni gurameh, lele, nila dan bawal. Anda bisa memilih sesuai selera.

Ditanya terkait harga, menurut Suparmi dihitung berdasarkan berat ikan, yakni tiap ons. Pembeli harus membayar sesuai berat ikan yang dipilih. Sebagai bocoran, harga yang dipatok sekitar Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per ons, sementara berat ikan yang dimasak rata-rata tiga ons.
“Kompleks ini buka dari pagi hingga sore. Pengunjung bisa datang langsung. Tapi kalau membawa rombongan dengan jumlah banyak, sebaiknya reservasi terlebih dahulu,” imbuhnya.

Suparmi kemudian bercerita, kompleks hiburan itu dibangunnya pada November tahun lalu, tepat di depan rumahnya. Ia bersama suami, Agus Suryanto, berniat memanfaatkan lahan tidak produktif yang merupakan milik saudaranya juga tanah kas kalurahan. Kolam renang kecil dibangun lantaran anak Suparmi suka berenang.
“Lalu saya pikir, kalau setelah berenang merasa lapar bagaimana? Akhirnya dikengkapi rumah makan,” imbuh Suparmi.

Tak ingin setengah-setengah dalam membangun tempat hiburan, Suparmi kemudian melengkapi Bangkong Lestari Aji dengan kebun bunga. Sementara danau kecil yang ada, dibangun untuk memperkuat jalan desa di area tersebut yang sering ambrol dan rusak.

Sejak selesai dibangun dan dibuka untuk umum, Bangkong Lestari Aji selalu penuh pengunjung terutama sebelum pandemi Covid-19 melanda. Cukup banyak wisatawan yang tertarik berlibur bersama keluarga di kompleks tersebut. Mereka berenang, melihat ikan dan menaiki kapal. Kunjungan bahkan juga datang dari sekolah-sekolah sekitar yang memiliki pelajaran tambahan berenang.
“Tapi semenjak pandemi memang jumlah kunjungan kami turun drastis. Tidak banyak yang berlibur ke sini. Tentu saja, kami berharap agar kondisi segera pulih seperti sedia kala,” ucapnya di akhir perbincangan.

Nah, sudah mendapat gambaran indahnya berlibur di area pegunungan? Anda bisa berkunjung di waktu pagi hingga sore untuk menikmati hari libur bersama keluarga. (Unt)

Read previous post:
PRODUKSI BUBUK CABAI: Bisnis Menjanjikan Antisipasi Harga Anjlok

PAKEM (MERAPI) — Pemerintah Kalurahan Harjobinangun, Pakem menyelenggarakan pelatihan membuat bubuk cabai. Kerja sama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK)

Close