Siapkan Lauk di Pekarangan Rumah

MERAPI-SULISTYANTO
Ikan dipelihara di kolam disiapkan untuk menjadi stok lauk-pauk.

ANEKA jenis ikan air tawar cocok dijadikan sebagai lauk bergizi tinggi. Antara lain ada nila merah, gurami, tombro, gabus dan lele. Agar lebih hemat, sekaligus menjadi kegiatan menyehatkan saat waktu luang, ikan-ikan air tawar dapat dipelihara di kolam yang dibangun di pekarangan rumah. Bahkan bisa di halaman, samping maupun belakang rumah.

Seperti halnya saat menyambangi tempat tinggal pasangan suami-istri, Duana HS dan Pratiwi di kawasan Pendulan Sleman akan menemukan kolam yang dibangun mengelilingi rumah, baik di depan, samping kanan maupun belakang rumah. Saat ini digunakan untuk memelihara ikan nila merah serta gurami padang. Khusus gurami padang dikenal memiliki warna unik, yakni kuning kemerahan.

“Ikan-kan seperti ini bisa menjadi klangenan atau hiburan sendiri saat masih ada pandemi Covid-19. Selain itu dapat dijadikan stok untuk lauk-pauk. Sebagian ikan nila yang sudah layak konsumsi bisa rutin kami saring dan diolah menjadi lauk,” ungkap Duana kepada Merapi, baru-baru ini.

Menurutnya, sejumlah kiat penting perlu diterapkan agar ikan-ikan di kolam bisa hidup atau tumbuh dengan baik. Pasokan oksigen penting diterapkan, antara lain sirkulasi air harus terjaga dengan baik dan bisa dipasang aerator. Lalu untuk mencegah munculnya penyakit seperti yang disebabkan bakteri serta virus, maka secara berkala diberi taburan garam krosok. Bahkan bisa pula gamping yang sudah dilarutkan di air. Pemberiannya bisa seminggu atau dua minggu sekali.

“Kolam juga kami beri tanaman enceng gondok, karena bagus untuk menjaga kejernihan air. Lalu agar PH air terjaga, secara berkala bisa diberi pakan alami jenis sayuran, misalnya kangkung,” terang Duana.

Sementara itu, Urbanus yang tinggal di Tlogoadi Mlati juga mempunyai dua kolam yang dibangun di halaman rumahnya sejak 1981 silam. Pasalnya, di depan rumah ada saluran irigasi yang airnya mengalir bagus dan bening. Ia dan sejumlah tetangga ada keinginan membuat bak kolam, terutama dapat diisi ikan nila dan gurami. Jenis ikan ini sewaktu-waktu dapat dipanen untuk dijadikan lauk-pauk. Mulai sekadar digoreng sampai dibuat aneka masakan. “Jadi kami memelihara ikan-ikan hanya untuk mencukupi kebutuhan rumah dan untuk hiburan. Ketika ada yang mau membeli pun tidak kami kabulkan,” tandasnya. (Yan)

Read previous post:
Positif Corona Tambah 89, Pasien Meninggal 3 Orang

Close