DIIKUTI SD SE-KABUPATEN SLEMAN Hari Jadi Yonif 403/WP Digelar Lomba Cerdas Cermat

MEMPERINGATI HUT ke-55 Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP yang jatuh pada  1 Agustus mendatang diselenggarakan lomba cerdas-cermat tingkat SD se-Kabupaten Sleman. Lomba yang digelar di Auala Serba Guna satuan setempat, Rabu (29/7/2020) diikuti 5 kelompok yang mewakili tiap-tiap kompi, masing-masing dari Kompi Senapan (Kipan) A, Kipan B, Kipan C, Kompi Bantuan (Kiban) dan Kompi Markas.

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan di satuan militer tersebut, mendapat tanggapan yang positif dari pelajar SD, para guru dan warga. Terbukti mereka yang sangat antusias menyaksikan jalannya perlombaan tersebut.  Selian itu, kegiatan tersebut juga sebuah terobosan baru untuk meningkatkan mutu pendidikan ditengah pandemi Covid-19, dimana pelajar SD masih diberlakukan belajar di rumah. Sehingga ada nilai positif karena siswa bisa bersaing secara positif.

Sementara, terkait dengan diselenggaraannya lomba cerdas-cermat kali ini, Danyonif 403/WP Mayor Inf Ade Pribadi Siregar menjelaskan, bahwa kegiatan lomba yang kali pertama dilaksanakan selain bertujuan menyemarakkan HUT ke-55 Satuan Batalyon Infanteri 403/WP  juga merupakan upaya untuk membangkitkan semangat belajar serta mengurangi kebosanan di kalangan pelajar SD yang saban hari harus menjalani proses belajar mengajar di rumah melalui metode daring.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa SD di Kabupaten Sleman menjadi lebih tekun dan giat lagi untuk belajar, karena dengan dilaksanakannya lomba cerdas cermat ini kita dapat mengukur tingkat keseriusan dan ketekunan siswa dalam mengikuti setiap materi yang diajarkan oleh para guru. Disisi lain, melalui lomba cerdas=cermat ini pula harapan kami ingin mengurangi kejenuhan dan kebosanan belajar di rumah akibat dampak Covid-19,” terang Mayor Ade Pribadi.

Dijelaskan pula oleh Danyon, bahwa untuk rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Yonif 403/WP diakui tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Akibat wabah virus Corona, sejumlah acara ditiadakan, seperti panggung prajurit dan pentas wayang kulit semalam suntuk.

“Terkait adanya wabah pandemi Covid-19, maka untuk panggung prajurit dan pentas wayang kulit kami tiadakan. Rangkaian peringatan Hari Jadi satuan kami gelar secara sederhana. Kami tetap melaksanakan bhakti sosial, anjangsana, meberikan santunan kepada anak yatim serta ziarah ke Taman Makan Pahlawan. Dan cerdas-cermat juga salah satu rangkaiannya,” sambung Danyon.

Sedangkan, dalam lomba cerdas cermat, juara I berhasil diraih oleh pelajar SD perwakilan Kompi C. Untuk juara II dan III disabet perwakilan dari Kompi Bantuan dan Kompi A.  Masing-masing juara memperoleh tropi, uang pembinaan serta peralatan sekolah dari Danyon 403/WP.  (Fin)

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Danrem Pamungkas menyerahkan bantuan dalam acara penutupan TMMD
Danrem Pamungkas Tutup TMMD Reg Kodim Bantul

Close