Kedai Kopi Ini Sajikan Kopi Campur Durian Plus Kecap

BERAWAL dari sebuah ide untuk menggantikan gula, kecap dipilih sebagai perasa manis dalam menu kopi durian di Kedai Kopi Senja and Memories kawasan Jalan Tata Bumi Sleman. Sensasi rasanya banyak yang senang.

Pemilik kedai setempat, Yudi Tri Sanjaya menjelaskan, penyajiannya cukup menggunakan cup plastik berukuran sedang. Minuman dengan cita rasa unik ini cocok dinikmati dalam keadaan dingin. Ia menghadirkan varian minuman kopi durian ini sejak awal Maret 2020 lalu. Pihaknya bekerjasama dengan salah satu perusahaan kecap guna mencari pengganti gula sebagai rasa manis dari minuman tersebut.

“Kebetulan saya bekerjasama dengan salah satu brand. Lalu kecap ini saya pilih salah satunya untuk pengganti gula,” jelasnya.

Dijelaskan, jika idenya tersebut tak spontan muncul. Ia membutuhkan waktu dua hari untuk menakar bahan serta rasa pada minuman tersebut, sehingga komposisinya bisa pas. “Awalnya, kecap saya campurkan dengan kopi dan susu, tapi rasanya tidak cocok. Kemudian saya coba kopi dengan campuran durian dan ternyata cocok. Apalagi waktu itu memang lagi musimnya durian,” tandasnya.

Jenis kopinya, ia mengkombinasikan antara kopi robusta dan arabika. Tentu ada tambahan durian, susu serta creamer. Takaran kecapnya cukup sekitar tiga sendok makan. Kecap ini juga sebagai penambah sensasi saja. Rasanya tidak saling mengalahkan, namun dibuat seimbang.

Sementara itu salah satu pengunjung, Arista Putri, menuturkan datang ke kedai kopi tersebut lantaran penasaran dengan varian kopi durian campur kecap. Diakuinya varian kopi satu ini cukup viral hingga membuatnya harus ikut merasakan bersama teman-temannya.

“Penasaran saja, karena di medsos ramai komentar minuman kopi durian tapi pakai campuran kecap. Ada yang bilang enak, ada yang bilang gak mungkin enak. Dari pada penasaran kita datang kesini,” tambahnya.

Menurutnya, rasa kopi dan durian sangat dominan hingga kecap yang seharusnya jadi pemanis justru tak terlalu terasa. Ditambahkan juga, setelah minum minuman tersebut, idealnya lalu minum air putih. (C-8)

Read previous post:
Kolam Pemancingan Sidat Tampil Beda

LOKASI kuliner dilengkapi kolam pemancingan aneka ikan air tawar seperti nila, bawal dan patin mudah ditemukan di beberapa tempat. Lain

Close