Dear Mom, Jangan Ragu Bilang, ‘Iya Boleh untuk Anak’

Tri Novita Herdalena saat menjadi narasumber talkshow terkait karakter anak unggul. (MERAPI-SULISTYANTO)

SETIAP anak yang dilahirkan memiliki kelebihan masing-masing. Apa saja tanda anak yang unggul? Setidaknya anak unggul memiliki lima karakter positif, yakni berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin. Dengan keberanian dapat mendorong Si Kecil aktif bereksplorasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Hal tersebut disamapaikan psikolog anak, Tri Novita Herdalena SPsi Psikolog CPC dalam talkshow rangkaian peluncuran modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’ di Jogja City Mall Sleman, Sabtu (6/4) lalu. Selain itu Herdalena menegaskan, karakter pemimpin perlu dikembangkan pada diri Si Kecil, manfaatnya antara lain bisa memotivasinya lebih percaya diri dalam mengambil kontrol, serta membentuk sikap disiplin dan mandiri.

“Lalu bagaimana cara mendukung anak mengembangkan lima karakter anak unggul ini? Di antaranya ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu nutrisi seimbang, stimulasi dan cinta atau kasih sayang,” tutur Herdalena.

Dengan demikian bisa melatihnya untuk melakukan berbagai hal sendiri dan berani menghadapi tantangan di masa depan. Lalu anak yang cerdas memiliki kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Melalui kreativitas dan imajinasi, anak termotivasi mencari berbagai cara untuk mencapai tujuannya. Tak kalah penting, dengan peduli atau memiliki rasa empati bisa mengembangkan keterampilan sosialnya.

Narasumber lain dalam kegiatan yang diprakarsai Dancow Advanced Excelnutri+ ini, yaitu pakar nutrisi dr Ayu Kusuma Dewi MSi Sp GK. Dr Ayu Kusuma antara lain mengungkapkan, ketika anak bereksplorasi, ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernafasan dan diare. Hasil riset menunjukkan 41,9 persen anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2 persen anak masih sering terkena diare.

“Oleh karena itu anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan probiotik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna dan meningkatkan daya tahan tubuh,” urainya.

Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+, Alvin Wiradarma mengatakan, sebagai mitra terpercaya orang tua, Dancow Advanced Excelnutri+ senantiasa mengedukasi dan mendorong para orang tua Indonesia untuk berkata ‘Iya Boleh’ demi mendukung Si Kecil bebas bereksplorasi dan mengembangkan potensi mereka. Lalu guna melanjutkan gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ yang diluncurkan Februari 2019 lalu, pihaknya meluncurkan modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’.

“Selain wujud cetak, modul juga tersedia dan dapat diakses serta diunduh gratis melalui laman Dancow Parenting Center,” imbuh Alvin.

Pada kesempatan tersebut juga digelar sejumlah lomba untuk anak-anak seperti mewarnai gambar. Bahkan dibuka beberapa zona permainan, misalnya ‘Tolong Dina’ (melatih keberanian dan kepedulian), Susun Puzzle (melatih kecerdasan dan kreativitas) serta Bunga untuk Bunda (melatih kepedulian dan kreativitas). Ada lagi zona konsultasi gratis seputar dunia anak-anak untuk orangtua. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Hoax Membahayakan Negara

MANTRIJERON (MERAPI) - Kian maraknya berita bohong atau hoax melalui media sosial menjadi persoalan serius. Oleh sebab itulah, masyarakat dapat

Close