Pisang-Pisangan Ungu Percantik Taman

Pisang-pisangan ungu memiliki tampilan khas. (MERAPI-SULISTYANTO)

BERAGAM tanaman hias memiliki karakter menawan, misalnya dari tampilan bagian daun, batang sampai bunga. Keunggulan karakter terutama pada bagian bunga serta daun layak ditanam di kompleks taman. Apalagi penanaman menerapkan model berkelompok, sehingga ketika bersamaan muncul bunga akan memancarkan keindahan tersendiri.

Tanaman hias jenis pisang-pisangan ungu, ungkap kru Kebon’s Agro MT Jogja Yusuf Firmansyah, termasuk yang layak dijadikan tanaman untuk mempercantik taman. Kekhasan daun-daunnya yang mampu menebarkan nuansa ungu kian terasa unik. Artinya juga kawasan taman dengan muncul warna daun akan menjadi kian cantik, karena tak hanya monoton berdaun hijau semua.

“Tanaman ini juga mudah perawatannya. Jika daun terserang serangga seperti belalang maupun ulat dapat disemprot insektisida. Penyemprotan insektisida dapat juga dilakukan sebulan sekali sebagai langkah pencegahan daun-daun terserang serangga,” papar Yusuf kepada Merapi saat ditemui di Kebon’s Agro kawasan Jalan Godean Sleman, Jumat (22/3).

Cara memperbanyak tanaman ini, lanjutnya, sama dengan jenis tanaman pisang maupun pisang-pisangan, yakni dengan memisahkan bagian anakan atau tunas. Idealnya ditanam di tanah dengan kandungan unsure hara banyak atau tanah subur. Semakin idealnya jika bisa mendapat sinar matahari sepanjang hari. Saat berbunga, tampilan tanaman kian cantik menawan, namun bunganya tak memunculkan arowa wangi. Harga bibit kisaran Rp 50.000 perpohon.

“Jenis tanaman lain cocok digunakan untuk mempercantik taman, misalnya jenis tanaman yang rajin berbunga dan bunga-bunganya tampil khas. Harga di pasaran pun cukup terjangkau, misalnya ada tapak dara atau pinka, krokot, bunga matahari mini, rolea dan bunga penthul,” bebernya.

Ditambahkan, bunga tapak dara selain yang lokal dengan warna bunga putih dan kemerahan, ada pula varietas baru dengan warna kian beragam. Selain itu ada jenis bunganya tumpuk. Bahkan ada batang tanaman tapak dara varietas baru sifatnya menjuntai atau menjulur, sehingga cocok juga ditanam di pot gantung. Warna bunganya ada yang tampil ngejreng ada pula tampak kalem.

“Tapak dara varietas baru, harga di pasaran rata-rata Rp 25.000 per plastik polybag,” ungkap Yusuf.

Adapun bunga matahari mini, warna bunga juga kuning persis dengan warna bunga matahari umumnya. Tanaman ini cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi, baik model di tanah langsung maupun pot. Idealnya bisa mendapatkan sinar matahari sepanjang hari. Untuk mendukung kesehatan dan kesuburan tanaman, pemupukan dapat dilakukan dua minggu sekali, misalnya menggunakan pupuk NPK daun lalu diteruskan dengan NPK bunga pada minggu berikutnya. (Yan)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
Penderita HIV AIDS di Kulonprogo Meningkat

WATES (MERAPI) - Jumlah penderita HIV AIDS di Kulonprogo meningkat tajam, dibuktikan dengan tingginya angka temuan kasus baru pada tahun

Close