SIAP BERJUANG DI SENAYAN Andika Pandu Beri Keberpihakkan Anak-Ibu Hamil

UNTUK kesekian kalinya, anggota Komisi I DPR RI fraksi Gerindra, Andika Pandu Puragabaya,yang  juga siap mencalonkan kembali untuk kali kedua sebagai anggota legeslatif melakukan kunjungan ke masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) yang bakal diwakilinya, yaitu DIY.

Dalam kunjungannya ke Gunungkidul, Sabtu (2/2/2019) siang, Andika Pandu Puragabaya yang akrab disapa Mas Pandu ini menjumpai ibu-ibu yang merupakan mayoritas suara akar rumput sekaligus dukungan mayoritas kepadanya.

Saat bertatap muka dengan ibu-ibu tersebut, Mas Pandu mengatakan bahwa peningkatan kesehatan anak dan ibu hamil akan menjadi salah satu fokus program yang bakal diusungnya. Ia menyebut jika dirinya akan banyak memberikan banyak keberpihakan kepada persoalan ibu dan anak di DIY. Sebab menurut Mas Pandu, program peningkatan kesehatan anak dan ibu hamil harus terintegrasi. Dari mulai pemberian asupan untuk ibu hamil hingga kecukupan gizi untuk anak.

“Bicara soalmasa depan bangsa dan negara, berarti bicara soal generasi penerus. Bicara soal generasi penerus berarti bicara tentang tentang seorang ibu, seorang perempuan.Jadi dari anak itu dimulai dari dalam janin sampai kita meninggal, semua itu harus dimanusiakan. Ketika di dalam janin dalam kehamilan tentu saja seorang ibu harus diberikan gizi yang baik untuk anak-anaknya,” papar Mas Pandu, yang juga putera mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso.

Selain itu, Mas Pandu juga akan memberikan advokasi untuk ibu-ibu yang sedang hamil supaya bisa memelihara kehamilannya. Ia juga terus mengingatkan bahwa kehamilan itu membutuhkan kematangan psikologi kemudian biologis, situasi sosial.

“Terlebih dari seorang ibu yang hamil kalau bisa usianya itu yang sudah waktunya untuk bisa bereproduksi, jangan sampai kehamilan tidak diinginkan. Karena bisa saja terjadi upaya upaya untuk menggugurkan janin tersebut ini kan tidak baik. Jad isemua kehamilan yang terjadi itu haruslah kehamilan yang dikehendaki dan diharapkan. Jangan sampai kehamilannya karena kecelakaan ataupun pernikahan dini. Ini yang harus diadvokasi dan edukasinya kepada orangtuanya,”sambungnya.

Sedangkan, Mas Pandu juga menjelaskan, adapun dalam fase pasca melahirkan, anak-anak juga harus diberikan susu untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Oleh karena itu asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibunya pun harus bagus supaya susu yang diberikan kepada anaknya juga menjadi sumber gizi yang baik.

“Setelah itukemudian dilanjutkan dengan adanya pendidikan. Bahwa pendidikan itu penting dan harus selalu dimulai dari ibunya. Berikutnya pendidikan yang di luar lingkungan rumah dapat melalui PAUD atau yang lain,” urainya lagi.

Tak pelak,paparan yang disampaikan yang merupakan wujud nyata perhatian Mas Pandu terhadap ibu dan anak mendapat apresiasi positif dan antusias dari emak-emak. Fenomena itu pulalah yang berdampak pada terus mengalirnya dukungan sekaligus dorongan kepada Andika Pandu yang maju dengan nomor urut 1 partai Gerindra daridapil DIY ini. (Fin)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
KONVOI BERAKHIR KERIBUTAN-Ayunkan Tongkat Besi, Suporter Bola Ditangkap

GODEAN (MERAPI)- Seorang suporter sepakbola berinisial RD (19) warga Salakan, Trihanggo, Gamping, Sleman, harus berurusan dengan pihak berwajib. Ia ditangkap

Close