Begini Cara Juragan dan Karyawan Pabrik Kaos Jaga Kekompakan

Ramah-tamah antara karyawan dan pemilik usaha kaos dapat mendukung keakraban maupun kekompakan. (MERAPI-SULISTYANTO)

TAK sedikit pemilik usaha kaos atau t-shirt mampu membawa usahanya bisa berkembang. Ada beragam faktor yang mampu mendukung usaha tersebut bisa semakin maju. Satu di antaranya bisa menjaga kekompakan dengan segenap karyawan.

Berbagai upaya pun dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, misalnya dengan rekreasi ke objek wisata maupun makan-makan bersama di lokasi kuliner. Seperti halnya telah digagas pemilik usaha pembuatan kaos Seven Slot di kawasan Condongcatur Sleman, Ery, pada waktu-waktu tertentu biasa mengadakan makan bersama dengan karyawan maupun keluarganya. Belum lama ini pun dilakukan di kawasan Puri Mataram Tridadi Sleman.

“Kegiatan family gathering ini sekaligus dalam rangka ulangtahun usaha kami. Selain ada makan-makan bersama, ada juga acara lain seperti ramah-tamah dan pembagian doorprice,” jelasnya kepada Merapi saat ditemui di sela-sela acara.

Selain termasuk usaha menjaga kekompakan dan mempererat silaturahim, kegiatan seperti family gathering akan menjadi ajang menerima usulan, masukan serta kesan-pesan. Terlebih terkait usaha tersebut, sehingga diharapkan dapat menjadi masukan tersendiri untuk perkembangan usaha. Pasalnya, dalam kesempatan tersebut setiap karyawan boleh maju dan memberikan usulan ataupun masukan.

Ditemui secara terpisah, pemilik usaha pembuatan kaos Kandangpitek t-shirt, Kuswantoro menjelaskan, beberapa kegiatan mendukung kekompakan dengan karyawan, antara lain biasa menggelar acara santai, ramah-tamah dan makan-minum. Saat Ramadan rutin juga dilaksanakan buka puasa bersama. Sedangkan pas ulang tahun, biasanya mengikuti kegiatannya Laskar Sedekah antara lain dengan bagi-bagi bingkisan kepada anak yatim-piatu.

“Kami berpartisipasi seperti memberikan kaos baru secara cuma-cuma kepada anak-anak yatim-piatu, misalnya sampai sekitar 80 kaos,” jelas Kuswantoro saat ditemui di tempat produksi Kandangpitek t-shirt kawasan Sidokarto Godean Sleman.

Budi Prasetyo pendiri dan juga pemilik usaha kaos tersebut menambahkan, adanya kepercayaan dari konsumen sangat berperan juga dalam perkembangan atau kemajuan usaha yang telah diterjuni sekitar 14 tahun. Kualitas bahan dan pengerjaan juga faktor penting, tak ketinggalan ketepatan serta kecepatan dalam mengerjakan setiap pesanan.

“Jenis produk yang banyak kami kerjakan terutama kaos, baik oblong maupun polo. Ada juga jaket dan hem antara lain pesanan berbagai komunitas, sekolah, kelompok di masyarakat dan lembaga-lembaga swasta,” papar Budi.

Soal nama dipilih yang unik, yakni Kandangpitek antara lain agar mudah diingat, unik ataupun tampil beda. Nama ini pun hasil rekomendasi dan hasil brainstorming teman-teman, bermula dari dari tempat nonkrong yang sering disebut kandang, serta ada banyak pertimbangan dalam menciptakan nama ini. “Jika dibilang kandang macan terlalu serem, akhirnya dipilih kandangpitek saja,” kenangnya. (Yan)



Read previous post:
ilustrasi
SKANARIO PERAMPOKAN TERBONGKAR-Tangan Sendiri Disayat-sayat Pisau Kater

BANTUL (MERAPI)- Demi membuat laporan palsu kasus perampokan, seorang penipu, Gb (26) warga Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogya nekat menyayat tangan

Close