TAHAN TERHADAP SEGALA CUACA-Senthe Wulung Percantik Taman

Noto menunjukkan tanaman senthe hitam atau wulung. (MERAPI-SULISTYANTO)

BAGI penggemar ataupun kolektor tanaman hias, penambahan jumlahtanaman baru rutin dilakukan. Tanaman jenis senthe wulung bisa menjadi pilihan untuk mempercantik taman karena memiliki keunikan pada warnanya. Apalagi senthe wulung yang sering disebut juga senthe hitam juga dikenal tahan terhadap segala cuaca, baik panas maupun hujan.

“Pembeli senthe hitam atau wulung, antara lain dari pihak perorangan,lembaga sekolahan, kantor-kantor, hotel, pengelola usaha kulinersampai pemilik usaha pembuatan taman. Senthe ini cocok ditempatkan dikompleks taman,” kata pelaku usaha jual-beli tanaman hias, Sunotokepada Merapi, baru-baru ini.

Penanaman senthe bisa dilakukan di di tanah langsung ataupun di pot-potukuran besar. Itu karena senteh cukup cepat perkembangannya dan mudah keluaranakan-anakan baru.

Ditemui di lokasi usahanya Yuliana Pertamanan kawasan Jalan
Sidomoyo-Cebongan Sleman, Noto menjelaskan, senthe hitam dengan nama
latin Alocasia plumbea merupakan tanaman asli Indonesia terutamadi Pulau Jawa. Cirinya, antara lain daun bagian bawah berwarna coklat kehitaman ataupun keunguan. Sedangkan permukaan daun bagian atas hijau keunguan. Semua ciri khas ini akan ikut berperan dalam mempercantik taman.

Dengan kata lain, tampilan unik dan menawannya senthe wulung dapat
dijadikan pendukung keindahan taman. Warna pelepah maupun daunnya yangkhas akan menjadi daya tarik tersendiri, ketika suatu taman didominasi tanaman dengan warna daun hijau-hijau. Penanaman baik di tanah langsung ataupun pot, lebih ideal jika bergerombol. Kalau awalnya satu tanaman saja, dalam perkembangannya akan mengeluarkan tunas-tunas baru sehingga menjadi bergerombol.

“Selain senthe hitam atau wulung, senthe hijau juga ada namun lebih
banyak dijadikan sebagai pakan ikan seperti gurami. Sedangkan senthe
hitam dengan tampilannya yang khas cocok dijadikan sebagai tanaman
hias,” ucap Noto.

Suami dari Yuliati ini menambahkan, senthe termasuk tanaman yang suka air atau cocok ditanam dengan di tanah dan media tanam bersifat basah. Tapi bukan jenis tanaman hias air, sehingga tak perlu ada genangan airnya. Berbeda dengan tanaman air jenis teratai dan lotus butuh ada genangan air, jika ditanam di kolam taman, ember ataupun berbagai jenis wadah lain.

Ciri lain dari tanaman senthe hitam ini, yakni tinggi tanaman
dapat mencapai dua sampai tiga meter. Bentuk daunnya yang seperti
jantung dan berumbi cukup besar. Ukuran daun, batang maupun umbi lebih berpeluang lebih besar jika ditanam di tanah langsung, dibanding
ditanam di pot. Cara perbanyakan dapat dengan memisahkan bagian
anakan. Selain itu potongan umbi senthe yang sudah tua bisa muncul
tunas-tunas baru, dengan catatan diletakkan pada tanah atau media tanam lembab. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Fasad Bangunan Kotagede Ditata

KOTAGEDE (MERAPI) - Fasad atau muka bangunan rumah sebagian warga Kotagede Yogyakarta direhabilitasi sesuai karakter kawasan cagar budaya di wilayah

Close