Membuat Taman Minimalis yang Sejuk dan Estetis

 Hj Yuliati menunjukkan tanaman monster yang cocok dijadikan penyemarak taman. (MERAPI-SULISTYANTO)
Hj Yuliati menunjukkan tanaman monster yang cocok dijadikan penyemarak taman. (MERAPI-SULISTYANTO)

HADIRNYA suatu taman baik ukuran minimalis maupun di lahan cukup luas akan memberi banyak manfaat. Selain mampu mensuplai oksigen, aneka tanaman yang tertata indah di taman antara lain akan menambah kian nyaman, sejuk dan estetis.

Tak jarang ketika berbagai pihak merasa tak ingin repot, akhirnya menyerahkan perencanaan, pekerjaan sampai perawatan tanaman pada ahlinya. Demikian juga jenis-jenis tanaman yang akan menjadi penyemarak suatu taman. Namun ada pula tentang jenis tanaman apa saja yang akan ditanam di taman perlu dimusyawarahkan dahulu dengan calon konsumen.

Hal ini seperti diungkap Hj Yuliati pemilik CV Yuliana <I>landscape contractor<P> saat ditemui di lokasi usahanya kawasan Jalan Sidomoyo Km 3 Godean Sleman, Rabu (17/10). Bahkan beberapa tanaman yang masih langka pemiliknya, namun semakin banyak yang senang termasuk ingin dikoleksi, biasa ia usulkan. Salah satunya jenis tanaman monstera. Ciri khas tanaman hias ini, misalnya tampilan daunnya bisa besar, warna hijau khas, mengkilap serta berlubang-lubang artistik.

“Jenis tanaman monster seperti ini mampu tampil cantik menawan dan banyak memproduksi oksigen. Karena bersifat <I>indoor<P> dapat juga ditempatkan dalam suatu ruangan, namun secara berkala perlu dikeluarkan ruangan,” ungkap istri dari H Sunoto SE ini.

Sebutan monster antara lain karena memiliki daun ukuran besar, panjang dan lebar. Bahkan panjang daunnya bisa mencapai kisaran 90 centimeter. Dengan tampilan daun berlubang-lubang dipercaya termasuk pertahanan diri dari monster dari angin, misalnya ketika ada angin topan daun-daunnya tak rusak parah, sebab angin bisa lewat begitu saja lewat lubang-lubang daun tersebut.

“Tak kalah indah, khas dan cantik ada juga tanaman jenis anggur laut dengan nama latin <I>Coccoloba uvifera<P>,” jelas Yuliati.

Mantan atlet kuda pacu ini mengungkapkan, anggur laut termasuk jenis tanaman yang cocok dijadikan sebagai perindang. Tanaman bisa tumbuh subur, memiliki rumpun yang rimbun dan enak dipandang. Ketika ditanam berpasangan, ada jantan dan betina akan bisa berbuah dan buahnya hijau-hijau mirip anggur. Perbanyakan tanaman dapat menggunakan bagian biji yang sudah tua maupun model cangkok. Ketika menggunakan biji, membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat tanaman bisa besar dan rimbun.

Suatu hal banyak disyukuri pihaknya, beberapa developer/kontraktor besar biasa langganan tempatnya dalam pengerjaan taman. Antara lain Damai Putra Group, di Yogyakarta antara lain mengerjakan di Casa Crande Estate, Casa Square Estate dan Tirta Sani Estate. Damai Putra Group Surabaya, misalnya di Delta Sari Indah Estate, Delta Sari Baru Estate dan Delta Centre. Sedangkan PT Perwita Karya, misalnya mengerjakan di Perwita Regency. Tak ketinggalan pengerjaan taman di kompleks Dowa Bag, Gendis Bag dan Terminal Giwangan Yogya. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
BUDIDAYA JAMBU MADU DELI-Tak Ribet Terapkan Organik dan Tabulampot

JAMBU asal Medan sering disebut jambu madu deli hijau, boleh jadi masih sedikit yang kenal buah lokal Nusantara dari tanah

Close