Samsung Generasi J untuk Generasi Milenial

Musisi Nabiella Piguna menyukai fitur Dolby Atmos dari Samsung Galaxy J Series. (Istimewa)
Musisi Nabiella Piguna menyukai fitur Dolby Atmos dari Samsung Galaxy J Series. (Istimewa)

FITUR smartphone tak ada artinya tanpa dukungan fitur yang satu ini. Ya. Baterai. Komponen ini punya fungsi vital. Tanpa baterai yang memadai, smartphone tak bisa bekerja maksimal. Baterai ibarat jantung yang detaknya mampu menghidupkan kinerja setiap elemen smartphone secara keseluruhan.

Kinerja baterai sangat dipengaruhi banyak faktor. Selain konsumsi penggunaan sehari-hari, faktor lainnya yaitu sinyal.

“Indonesia termasuk paling jelek sinyalnya, sehingga bisa cepat menguras baterai smartphone,” buka Lucky Sebastian, gadget enthusiast sekaligus founder Gadtorade ID, belum lama ini.

Menurut Lucky, beda operator seluler beda pula koneksi sinyal yang disuguhkan. Belum semua daerah terjangkau sinyal yang memadai. Wajar karena Indonesia terdiri atas banyak pulau.

“Lain cerita kalau kita bawa smartphone ke luar negeri. Baterai cenderung lebih awet karena sinyal di sana relatif memadai,” ujarnya.

Oleh sebab itulah, kata dia, wajar jika saat ini setiap vendor smartphone menyematkan kapasitas baterai yang relatif besar. Besarnya kapasitas baterai smartphone bisa menjadi altenatif untuk mengatasi pemasalahan tersebut. Hanya saja, tanpa dukungan fitur lain, kapasitas baterai yang besar tersebut bisa mubazir. Ini bisa dilihat dari belum tersedianya dukungan fitur yang berhubungan dengan sinyal.

Realita ini coba ditangkap Samsung dengan membuat fitur Signal Max. Fitur ini bisa dijumpai pada Galaxy J Series. Lebih tepatnya J6 dan J4 yang baru-baru ini diluncurkan. Signal Max ini memungkinkan penggunanya terhubung dengan dunia digital, tanpa harus takut koneksi lelet dan lekas mereduksi sokongan baterai yang dibenamkan.

“Baterai dan sinyal yang maksimal adalah dua fitur yang dibutuhkan para generasi milenial saat ini,” ujar Lucky.

Fitur Mewah

Fitur smartphone yang menjadi dambaaan generasi milenial sebenarnya tidak ribet-ribet amat. Smartphone bagi anak muda tak jauh-jauh dari pemenuhan kebutuhan ekspresi di dunia nyata dan dunia maya. Tak hanya sekadar untuk gaya hidup hingga selfie, teknologi smartphone dapat menjadi penghubung dan sarana bagi mereka membuka peluang dan mengekspresikan diri mereka.

Apalagi, 37 persen dari pengguna smartphone Indonesia, menggunakan smartphone untuk mengakses sosial media. Lewat media sosial itulah, generasi milenial dapat menonjolkan karakteristik yang unik dan kreatif. Mereka pun berani mengambil peranan penting dengan melihat peluang yang ada, berani mendirikan usaha untuk menjawab tren masa kini.

“Kami menghadirkan Galaxy J Series sebagai smartphone dengan fitur yang mendukung gaya hidup generasi ini,” kata IM Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi.

Dari kiri Lucky Sebastian, gadget enthusiast; Dayu Pratama, pemilik Kopi Keliling; Ricky Bunardi, IM Product Marketing Samsung Electronics Indonesia dan Nabiella Piguna, musisi. (Istimewa)
Dari kiri Lucky Sebastian, Dayu Pratama, Ricky Bunardi dan Nabiella Piguna. (Istimewa)

Samsung generasi J, lanjut dia, sangat memahami kebutuhan generasi milenial. Sejumlah fitur berkualitas yang dibenamkan dalam J4 dan J6 bisa menunjang sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi mereka untuk lebih eksis di media sosial.

Fitur-fitur andalan Galaxy J Series di antaranya Samsung Max yang dapat mendukung browsing tanpa khawatir kuota cepat habis, serta membantu mereka selalu terhubung dengan dunia digital dengan bantuan Signal Max. Smartphone ini juga membawa fitur App Pair yang sebelumnya hanya dijumpai di kelas premium, kini hadir untuk mempermudah pengguna melakukan kegiatan multitasking. Misalnya bagi konsumen yang menjalankan bisnis online, mereka dapat memantau calon pembeli di akun sosial media sambil memeriksa transaksi di akun bank melalui browser, karena fitur App Pair membagi tampilan layar menjadi dua dan kedua aplikasi dapat bekerja secara bersamaan.

Pengguna juga dapat memiliki pengalaman menonton cinema dengan detail suara yang lebih jelas berkat fitur teknologi audio Dolby Atmos. Untuk urusan keamanan, Samsung J4 dan J6 memiliki Secure Folder yang memungkinkan penggunanya membuat ruang penyimpanan data pribadi dan sepenuhnya dienkripsi untuk menyimpan file dan aplikasi secara terpisah di dalam sebuah lapisan perlindungan tambahan yang hanya dapat diakses pemiliknya. Menariknya, ponsel ini juga memiliki fitur Samsung Cloud, yakni penggunanya dapat menikmati kapasitas 15 GB secara cuma-cuma. Fitur ini memudahkan untuk menyimpan, back-up dan menyinkronkan data di semua perangkat Galaxy.

Adapun bagi penggemar fotografi, kamera J6 memiliki resolusi kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP, dengan bukaan lensa (aperture) f1.9 berkemampuan low light yang dapat menghasilkan gambar lebih baik saat kondisi minim cahaya. Adapun kamera J4 memiliki kombinasi kamera belakang 13MP (f1.9) dan kamera depan 5MP (f2.2). Baik J4 dan J6 dipersenjatai kapasitas baterai 3.000 mAh.

Fitur Samsung Max dapat mendukung generasi milenial mengeksplorasi dunia digital dan membantu mereka selalu terhubung dengan bantuan Signal Max. (Istimewa)
Fitur Samsung Max dapat mendukung generasi milenial mengeksplorasi dunia digital. (Istimewa)

Inspirasi Anak Muda

Adalah Nabiella Piguna, musisi lokal asal Yogyakarta yang mengaku tak pernah lepas dari smartphone. Smartphone baginya adalah salah satu sumber inspirasi dan hiburan. Salah satu fitur yang paling Nabiella nikmati dari Samsung Galaxy J Series adalah teknologi audio Dolby Atmos.

“Saya bisa menikmati musik dan film dengan kualitas terbaik, karena suara seolah berada di sekeliling saya dan terdengar sangat detail melalui headset. Smartphone ini membantu saya melakukan lebih banyak hal dalam mencapai impian sebagai musisi,” ujar YouTuber tersebut.

Sama halnya dengan Dayu Pratama, pemilik Kopi Keliling Yogyakarta. Dayu yang memiliki passion terhadap kopi Indonesia tersebut melihat peluang dan akhirnya menjual kopi dengan gerobak keliling Kota Yogyakarta. Usaha kreatif tersebut terus dipromosikan lewat media sosial secara menarik sehingga semakin banyak yang mengenal Kopi Keliling.

“Smartphone memberikan kontribusi penting bagi kemajuan Kopi Keliling. Bagi kami, sebuah smartphone dilihat bukan dari harga, namun bagaimana teknologi dan fitur yang dimiliki juga bisa memberikan manfaat dan nilai lebih,” tukasnya. (Son)

 

Spesifikasi Produk

Samsung Galaxy J6
Tampilan layar 5.6” HD+ Super Amoled
Kamera belakang 13MP (f1.9) depan 8MP (f1.9) Adjustable Front LED flash
Prosesor 1.6Ghz Octa Core
Memori 3GB RAM + 32GB MicroSD Slot (hingga 256GB)
Fitur Tambahan Infinity Display, Face Recognition, Samsung Max, Signal Max, Selfie Focus, Baterai 3,000 mAh
Harga Rp 3.299.000

Samsung Galaxy J4
Tampilan layar 5.5” HD Super Amoled
Kamera belakang 13MP (f1.9) depan 5MP (f2.2) Adjustable Front LED Flash
Prosesor 1.4GHz Quad Core
Memori 2GB RAM + 32GB MicroSD Slot (hingga 256GB)
Fitur Tambahan Signal Max, Samsung Max, Three slot for SIM card and microSD, App Pair, Dual Messenger, Baterai 3.000mAh
Harga Rp. 2.299.000

 

Read previous post:
ilustrasi
Diiming-imingi Uang, Pelajar Difabel Dicabuli Hingga Hamil

WONOSARI (MERAPI)- Seorang pelajar gadis difabel, Kencur (15- nama disamarkan) warga Kecamatan Playen, Gunungkidul harus menanggung derita lantaran dihamili pamannya

Close