Kulonprogo Dampingi UMKM Terdampak Pandemi

WATES (HARIAN MERAPI) – Pemkab Kulonprogo mendukung penuh upaya pemerintah pusat dalam memulihkan kondisi ekonomi sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang akan dijalankan yakni dengan mendorong UMKM setempat agar lebih melek digital.

Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana mengatakan, daerahnya siap bersinergi dalam mendiskusikan tantangan di masa pandemi Covid-19 serta berupaya mewujudkan pengelolaan keuangan negara. Menurut Fajar, Kulonprogo terus berusaha menumbuhkan sektor perekonomian di wilayah setempat.

“Salah satunya dengan mendorong pelaku UMKM untuk belajar digital marketing atau pemasaran secara online. Mereka terus didampingi dan dipantau,” kata Fajar dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2020 secara daring di Command Room, Kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (22/9).

Selain UMKM, lanjut Fajar, Kulonprogo juga berupaya menggeliatkan sektor pariwisata dengan cara menggenjot dan mengoptimalkan destinasi yang ada. Saat ini, destinasi wisata di Kulonprogo sudah dibuka dengan simulasi dan protokol kesehatan yang ketat. “Seperti Pantai Glagah sebagai destinasi wisata andalan kami,” ucapnya.

Rakernas digelar dengan mengambil tema Tantangan Akuntabilitas dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Inspektur Jenderal Keuangan RI, Sumiyati menyampaikan, rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan ini bertujuan untuk mendiskusikan tantangan yang diberikan pemerintah untuk dapat menjalankan strategi penanganan Covid-19 serta program pemulihan ekonomi nasional dengan tetap mengupayakan terjaganya akuntantitas. Hal ini guna mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntantif. (Unt)

Read previous post:
Digelar Tiap Hari, Razia Masker Maki Gencar di Yogya

Close