Bangkai Hiu Paus Terdampar di Pantai Congot Dikubur

KULONPROGO (HARIAN MERAPI) – Seekor hiu paus berbobot 1 ton terdampar dalam kondisi mati di kawasan Pantai Congot, Temon Kulonprogo, Sabtu (19/9). Diduga, mamalia ini mati dan terdampar akibat cuaca buruk. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ikut mengabadikan kejadian tersebut.

Lantaran merupakan pemandangan langka, hiu paus atau naga lintang yang terdampar menjadi tontonan warga. Tidak sedikit wisatawan yang juga mengabadikan moment ini dengan berfoto bersama satwa langka tersebut.

Kabid Kelautan Pesisir dan Pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Juarti menyampaikan, dari hasil identifikasi petugas diketahui, hewan yang dikenal dengan sebutan naga lintang ini diduga mati dan terdampar akibat cuaca buruk yang melanda perairan selatan DIY. Tidak ada luka yang ditemukan di seluruh tubuh hiu paus tersebut.

“Diperkirakan belum dewasa karena panjangnya baru 5,9 meter, lebar 2 meter dan berat sekitar 1 ton. Panjang tubuh maksimal hewan ini bisa mencapai 20 meter,” kata Juarti.

Saat ditemukan terdampar, hiu paus tersebut sudah dalam kondisi mati. Agar tidak menimbulkan bau, petugas segera mengevakuasi dan mengubur bangkainya, serta melakukan pemeriksaan mikrosis untuk memastikan penyebab kematian.

Evakuasi dilakukan petugas gabungan dari tim SAR, TNI Polri dan BKSDA DIY. Proses evakuasi sempat terkendala bobot ikan yang mencapai 1 ton sehingga harus dilakukan penarikan menggunakan sling atau kawat baja yang ditarik dengan kendaraan khusus. Tubuh hiu paus juga diganjal menggunakan bambu.

Salah satu wisatawan Pantai Congot, Leila, menyampaikan rasa takjub karena melihat hiu paus berukuran cukup besar. Hal ini menjadi pengalaman pertama bagi dirinya. Leila pun tak menyia-nyiakan kesempatan, dengan berfoto bersama hiu paus yang terdampar. “Baru kali ini lihat langsung, ternyata besar. Tadi sempat foto-foto juga,” ucapnya. (Unt)

Read previous post:
8 NAKES POSITIF COVID-19, 2 PUSKESMAS KOTA YOGYA TUTUP-Diduga Tertular Corona Saat Makan Bareng

Close