OPD Kulonprogo Mulai Jajal Aplikasi JendelaKu

WATES (HARIAN MERAPI) – Pemkab Kulonprogo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat terus mensosialisasikan aplikasi baru yakni JendelaKu. Setelahnya, seluruh OPD di Kulonprogo diminta menerapkan JendelaKu sebagai layanan publik yang terintegrasi.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Diskominfo Kulonprogo, Sutarman menyampaikan, penerapan JendelaKu tidak harus serta merta, melainkan bisa dilakukan secara bertahap. Masing-masing OPD di wilayah ini dapat mengeluarkan layanan publik yang berbasis elektronik untuk dimasukkan ke JendelaKu.

“JendelaKu diibaratkan sebagai pintu masuk seluruh layanan publik, demi mempermudah akses dalam satu interface,” kata Sutarman, Senin (3/8).

Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kulonprogo, lanjutnya, membuat rapat-rapat dilaksanakan secara virtual untuk meminimalisir kontak dengan peserta rapat yang lain. Sutarman menyebut, ada empat akun yang dapat dipinjam OPD untuk rapat virtual. “Karenanya, seluruh OPD diminta menerapkan JendelaKu,” ujar Sutarman.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kulonprogo, Rudiyanta menyampaikan, rapat virtual yang digelar bersama berbagai OPD, RSUD NAS, Kapanewon Girimulyo, Lendah, Pengasih dan lainnya bertujuan untuk mensosialisasikan JendelaKu. Diharapkan, melalui rapat virtual tersebut pihak-pihak terkait menjadi lebih memahami single app yang diluncurkan.

Rudi kemudian menjelaskan, JendelaKu merupakan layanan publik berbasis Progressive Web App (PWA). Aplikasi ini tidak didownload sehingga tidak membebani memori, dengan kemudahan pengoperasian pada laptop, HP dan alat elektronik lainnya.

“Layanan ini dijadikan satu interface dan tidak perlu log in log out berkali-kali. JendelaKu menjadi sarana yang menggabungkan seluruh aplikasi di Pemkab Kulonprogo, memuat empat menu besar yakni Layanan Umum, Layanan Kepegawaian, Informasi Publik, dan Informasi Tempat,” urainya. (Unt)

Read previous post:
Uji Coba Pembukaan Pendidikan di DIY Dimulai dari Universitas

Close