BPR Bank Pasar Kulonprogo Beri Relaksasi Debitur Ngangsur Pinjaman

WATES (HARIAN MERAPI) – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melalui BPR Bank Pasar Kulonprogo memberikan relaksasi kepada debitur sebagai bentuk jaring pengaman sosial dampak Covid-19.

Koordinator Gugus Ekonomi Penanganan Covid-19 Kulonprogo Bambang Tri Budi mengatakan, BPR Bank Pasar mengeluarkan kebijakan relaksasi kepada debitur melalui perpanjangan waktu kepada debitur dengan penjadwal ulang kembali masa pinjaman.

“Bank Pasar Kulonrogo ada kebijakan relaksasi, dalam bentuk perpanjangan waktu kepada debitur. Hal ini untuk meluruskan informasi adanya kelonggaran tidak mencicil utangnya selama satu tahun,” kata Bambang, Sabtu (4/5).

Ia mengatakan total uang yang ada dipinjam debitur Bank Pasar Kulonprogo sebesar Rp 11 miliar. Kebijakan relakasi ini sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Bagi debitur yang akan mengambil relaksasi silakan membuka alaman Bank Pasar Kulonprogo soal ketentuannya. Bisa juga datang langsung ke kantor pada jam kerja,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan total Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang beredar di Kulonprogo sebesar Rp 400 miliar. Namun demikian, pemkab tidak bisa mengambil langkah, karena kewenangan ada di pusat. “Semoga ada kebijakan khusus bagi debitur KUR, khususnya di Kulonprogo,” jelasnya.

Wakil Ketua I DPRD Kulonprogo Ponimin Budi Hartono mendorong realisasi pemberian relaksasi kepada debitur, dan segera menjelaskan kepada masyarakat mekanismenya seperti apa. Saat ini, masyarakat dan pelaku UKM dan IKM terkena imbas adanya pandemi Covid-19. Sehingga menyebabkan perekonomian masyarakat terpuruk.

“Kami minta pihak-pihak perbankan yang memberikan pinjaman kepada pelaku UKM segera memberikan penjelasan, supaya masyarakat tidak resah,” katanya. (*)

Read previous post:
Puluhan Hotel Nyalakan Tanda Cinta, Berharap Wabah Corona Segera Berakhir

Close