Gencarkan Program KB, Gandeng Admin Medsos

WATES (HARIAN MERAPI) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Kulonprogo saat ini tengah menggencarkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Dalam realisasinya, dinas melibatkan kaum milenial terutama admin media sosial (medsos) untuk mengedukasi masyarakat.

Kepala DPMDPPKB Kulonprogo, Sudarmanto menyampaikan, pihaknya terus berupaya mendorong capaian pengendalian penduduk dari sisi kualitas dan kuantitas. Upaya pengendalian kuantitas dilakukan melalui program KB, sementara kualitas lewat kesehatan, pendidikan dan produktivitas tenaga kerja agar siap menghadapi kemajuan Kulonprogo.

“Kami gelar sosialisasi program KKBPK dengan mengundang media dan pemilik media sosial untuk bersama-sama belajar dan mengambil peran sebagai alat edukasi. Dengan demikian, ke depan dapat terwujud penduduk Kulonprogo yang berkualitas sekaligus dapat tersampaikan hasil pembangunan di Kulonprogo,” kata Sudarmanto dalam sosialisasi program KKBPK berbasis media online dan media sosial di RM Nggirli Wates, Senin (2/12).

Media sosial dipilih menjadi alat sosialisasi lantaran ke depan program kependudukan akan dibranding lebih milenial. Kebijakan kependudukan tak lagi konvensional hanya bertumpu pada program KB saja, tapi juga menyiapkan para remaja sebagai calon pasangan keluarga. Terlebih, media sosial punya segmen kaum milenial sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Kita sudah ada Peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2018 tentang grand desain kependudukan, sehingga diharapkan capaian program kependudukan baik aspek kualitas maupun kuantitas dan persebarannya bisa terukur,” urai Sudarmanto.

Kabid Pengendalian Penduduk dan KB, DPMDPPKB Kulonprogo, Mardiya menambahkan, para admin media sosial diharapkan bisa berperan sesuai kapasitas masing-masing dalam membantu realisasi program KKBPK. Keterlibatan mereka dibutuhkan mengingat prgram KKBPK memiliki sejumlah poin penting yakni pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga. (Unt)

Read previous post:
Pemasaran Ayam Hias Kian Luas

ANEKA jenis ayam hias masih eksis di masyarakat sampai saat ini. Bahkan dengan kemajuan teknologi, cara pemasaran ayam hias tak

Close