TDA 2020 Bakal Diramaikan Atlet Internasional

BANYAK cara dilakukan untuk menikmati keindahan objek wisata, salah satunya sembari bersepeda. Dengan demikian, akan ada dua manfaat yang didapatkan, yakni menyehatkan badan dan merefresh pikiran.

Kegiatan bersepeda sembari berwisata telah digelar sejak tiga tahun terakhir, bertajuk Tour De Ambarukmo (TDA). Pesepeda yang diundang dalam kegiatan ini bukan hanya berasal dari DIY saja, namun juga seluruh daerah se-Indonesia. Pada penyelenggaraan TDA tahun depan, jalan-jalan di Kulonprogo akan kembali dilintasi para pesepeda peserta TDA, dengan pertimbangan banyaknya objek wisata yang sedang berkembang di sana.

General Manager Plaza Ambarukomo, Surya Ananta mengungkapkan, para peserta TDA tahun lalu sangat antusias dan senang melewati jalur-jalur di Kulonprogo. Saat itu, jumlah peserta sebanyak 1.600 orang, dan tahun depan ditargetkan naik menjadi 1.700 peserta.

“Kami sudah melakukan uji coba dan menyimpulkan bahwa kualitas jalan Kulonprogo sudah bagus. Misalnya, naik dan turunnya,” kata Surya.

Menariknya, TDA 2020 akan menghadirkan atlet-atlet sepeda nasional dan internasional. Tujuannya, agar kegiatan ini bisa mendunia demi mempromosikan objek wisata yang ada.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi terhadap penyelenggaraan TDA. Pemkab Kulonprogo bahkan siap mendukung keberhasilan penyelenggaraan kegiatan ini. Sutedjo bahkan meminta agar TDA digelar rutin setiap tahun.

“Terkait rute, potensi wisata Kulonprogo harus dilewati. Misalnya melalui under pass YIA lalu ke timur sehingga peserta mengetahui adanya bandara internasional di Kulonprogo,” kata Sutedjo.

Dijelaskannya, saat ini ada 31 destinasi wisata menarik di Perbukitan Menoreh yang sudah tertata dan dikelola masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Ia berharap dengan adanya event TDA bisa membantu mengenalkan kepada masyarakat lokal maupun mancanegara tentang potensi wisata yang ada di Kulonprogo. (Unt)

Read previous post:
Diikuti 2.500 Peserta, Kirab Grebeg Pasar Gayeng

RIBUAN pedagang perwakilan dari seluruh pasar tradisional di Kota Yogyakarta tampil beda di jalanan pada Sabtu (19/10). Mereka mengenakan pakaian

Close