Pesawat Berbadan Lebar Mendarat Mulus di YIA

TEMON (HARIAN MERAPI) – Yogyakarta International Airport (YIA) akhirnya didarati pesawat berbadan lebar (wide body) melalui pendaratan perdana Garuda Indonesia seri A 330 seri 200, Jumat (4/10). Pendaratan pesawat berkapasitas 222 penumpang ini berjalan mulus, serta akan berlangsung rutin dalam penerbangan reguler setiap Jumat dan Minggu.

Plt General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menyampaikan, penerbangan baru dari maskapai Garuda Indonesia ini akan melayani rute YIA ke Soekarno Hatta dan sebaliknya, Soekarno Hatta menuju YIA. Dalam sepekan, ada dua penerbangan pesawat berbadan lebar tersebut. “Kita sejak minggu lalu ada tambahan penerbangan, yakni dari Citilink, Lion Air dan Air Asia sehingga sampai hari ini ada 30 flight,” kata Pandu.

Untuk mendukung tambahan penerbangan tersebut, PT Angkasa Pura I telah berkoordinasi dengan Daop VI Yogyakarta guna mengupayakan fasilitas lainnya. Saat ini, operasional KA Bandara telah mencapai tujuh lintasan yang berhenti di Stasiun Wojo, dari rencana seharusnya mencapai 32 lintasan. Sisanya, masih menunggu izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

Selain itu, PT Angkasa Pura I juga telah menambah sarana angkutan yakni taksi dari 20 menjadi 40 armada. Tawaran kerja sama dari Taksi Online Kulon Progo (TOKP) juga telah diterima. Seluruhnya akan melayani aksesbilitas para pengguna jasa bandara YIA.

“Paling tidak, jumlah armada yang beri layanan harus meningkat dua kali lipat. Sebab tambahan penerbangan diikuti dengan fasilitas pendukung aksesbilitasnya,” kata Pandu.

Ditanya terkait progres pembangunan YIA, Pandu menyebut saat ini sudah mencapai 85 persen. Target penyelesaiannya tetap tidak berubah yakni pada Desember mendatang, terutama untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Kemudian pada Januari 2020, seluruh penerbangan domestik di Adisutjipto akan dipindahkan ke YIA dengan jumlah sekitar 140 flight. Sementara penerbangan internasional, mulai beroperasi di YIA pada April 2020. Sedikitnya akan ada 140 flight internasional perhari yang terlayani di YIA nantinya. (Unt)

Read previous post:
Irigasi Perpompaan Tingkatkan IP Padi di Ciamis

CIAMIS (HARIAN MERAPI)- Bantuan irigasi perpompaan dari Kementerian Pertanian (Kementan) terbukti meningkatkan Indeks pertanaman (IP). Salah satunya yang ada di

Close