Pamsimas Lima Desa Diresmikan

Wabup Sutedjo menyerahkan bantuan Pamsimas. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

LENDAH (MERAPI) – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas) III Tahun 2018 Kulonprogo untuk lima desa sasaran diresmikan di Kompleks Masjid Al Muttaqin Pereng, Ngentakrejo, Lendah, Kulonprogo, Rabu (6/2). Diharapkan, bantuan ini dapat dimanfaatkan, dikelola dan dijaga dengan baik masyarakat setempat.

Lima desa penerima program Pamsimas tahun 2018 yakni Desa Ngentakrejo Kecamatan Lendah, Desa Sukoreno Kecamatan Sentolo, Desa Banyuroto Kecamatan Nanggulan, Desa Karangwuni Kecamatan Wates dan Desa Sogan Kecamatan Wates. Peresmian dilakukan Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan membuka kran air.

Saat menyampaikan sambutannya, Wabup mengapresiasi kerja keras Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yang telah berjuang demi terselenggaranya penyediaan air bersih ini. Sebab, air dinilai sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Diharapkan air bersih dimanfaatkan dengan baik, Pamsimas dikelola secara maksimal kemudian sumber mata airnya dijaga dengan menanam pohon,” kata Wabup.

Di wilayah sasaran program Pamsimas, lanjutnya, tidak ada lahan yang gundul sehingga dinilai membanggakan. Musim hujan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan penanaman pohon.

Camat Lendah, Sutrisno mengatakan, program Pamsimas sangat membantu masyarakat. Di wilayahnya, Pamsimas mencakup tiga pedukuhan yakni Pereng, Temben dan Bendo. “Saat kemarau panjang, Pamsimas sangat membantu. Sebab di sini, ada 200 lebih KK yang kekurangan air saat musim kemarau,” ungkapnya.

Tahun ini, Pamsimas setidaknya dapat digunakan untuk melayani 100 KK. Sutrisno berharap agar tahun berikutnya program serupa dapat menyasar desa lain seperti Tuksono.

Sementara itu, Ketua KKM Desa Ngentakrejo, Sumarno menyampaikan, di Desa Ngentakrejo, panjang pipa yang terpasang 6.456 meter. Kemudian jumlah sambungan rumah (SR) yang terpasang 100 unit. Di Banyuroto, panjang pipa 5.334 meter dengan SR 20 unit. Kemudian di Sukoreno, panjang pipa 4.638 meter dengan jumlah SR terpasang 67 unit.

“Desa Sogan panjang pipa 4.842 meter dengan SR 100 unit, kemudian Desa Karangwuni panjang pipa 3.756 meter dengan jumlah SR 50 unit,” sebutnya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Penyimpanan Buruk, Kotak Suara Pemilu Rawan Rusak

 YOGYA (MERAPI) - Kotak suara untuk Pemilu 2019 di wilayah Kota Yogyakarta mulai dirakit. Perakitan dan penyimpanan kotak suara berbahan

Close