Ratusan Warga Mengakses Formulir A5

Layanan jemput bola pengambilan formulir A5 di Kecamatan Temon. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

TEMON (MERAPI) – Layanan jemput bola dari KPU Kulonprogo berupa pengambilan formulir A5, berakhir di Kecamatan Temon, Rabu (30/1). Formulir ini diperuntukkan bagi warga luar Kulonprogo yang akan menggunakan hak pilihnya di wilayah Kulonprogo pada Pemilu 2019 April mendatang.

Temon merupakan salah satu dari 12 kecamatan di Kulonprogo yang disasar program layanan jemput bola pengambilan formulir A5. Diprediksi akan banyak masyarakat yang mengakses layanan ini mengingat Kecamatan Temon merupakan lokasi pembangunan Bandara NYIA yang menampung banyak pekerja dari luar daerah.

“Layanan jemput bola akan mempermudah warga untuk mengambil formulir A5. Lokasi layanan jemput bola ada di kantor kecamatan,” kata Komisioner KPU Kulonprogo, Tri Mulatsih.

Sejak pertama dibuka, layanan jemput bola pengambilan formulir A5 telah mengakomodasi sekitar 200 orang. Mereka hanya diminta menunjukkan e-KTP kepada petugas serta menyampaikan alamat sementara di Kulonprogo. Data ini lah yang kemudian akan digunakan KPU untuk menentukan TPS bagi warga luar daerah.

“Mereka kami data, kemudian disampaikan ke PPS yang TPSnya paling dekat dengan tempat tingal sementara warga pengambil formulir A5,” imbuhnya

Tri Mulatsih menegaskan, formulir A5 hanya berlaku untuk memilih calon presiden dan wakil presiden saja. Setelah layanan jemput bola berakhir, masyarakat masih bisa mengambil formulir A5 di kantor KPU hingga H-30 pelaksanan Pemilu.

Terkait kelanjutan pengkondisian pekerja pembangunan Bandara NYIA di Kecamatan Temon, Tri Mulatsih menegaskan bahwa hal itu menjadi kewenangan pemrakarsa proyek yakni PT Angkasa Pura I. Berdasarkan koordinasi terakhir, proyek pembangunan Bandara NYIA akan diliburkan pada saat pelaksanaan Pemilu.

“PT Angkasa Pura I akan meliburkan proyek selama tiga hari, yakni pada 16, 17 dan 18 April. Hal itu memungkinkan para pekerja di luar Kulonprogo kembali ke daerah asalnya untuk menggunakan hak pilih,” katanya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Sambut Imlek 2570, Patung Dewa Klenteng Gondomanan Disucikan

GONDOMANAN (MERAPI) - Ratusan patung dewa di Klenteng Fuk Ling Miauw di Gondomanan Yogyakarta disucikan, Rabu (30/1), untuk menyambut Tahun

Close