CPNS di Kulonprogo Mundur, Peserta Peringkat Kedua Jadi Pengganti

Pemberkasan CPNS di lingkungan Pemkab Kulonprogo. (Merapi-Amin Kuntari)

WATES (MERAPI) – Seorang CPNS Kulonprogo yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi, mengundurkan diri. CPNS yang mengundurkan diri ini berasal dari formasi dokter umum di Puskesmas Samigaluh I Kulonprogo.

Pengunduran diri salah satu peserta lolos seleksi CPNS tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk melanjutkan studi. Dengan demikian, total peserta lolos seleksi CPNS Kulonprogo yang sebelumnya 374 orang berkurang menjadi 373 orang.

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo, Raden Trusta Hendraswara, Senin (21/1) menyampaikan, peserta yang mengundurkan diri dari seleksi CPNS harus melapor ke BKPP Kulonprogo disertai surat pernyataan pengunduran diri. Berkas tersebut kemudian akan diproses BKPP Kulonprogo untuk dilaporkan ke BKN Pusat.

Mekanisme proses pengunduran diri peserta lolos seleksi CPNS, lanjutnya, mengacu pada surat Kepala BKN Nomor K26-20/B6304/XII/18.02 tanggal 15/01/2019 perihal penyampaian hasil integrasi nilai SKD-SKB CPNS. Nantinya, pengganti peserta yang mengundurkan diri tersebut akan diambilkan dari ranking kedua.

“Yang sebelumnya tidak lolos, dinyatakan lolos sebagai rangking pertama dengan keterangan mengundurkan diri Atas Permintaan Pribadi (APS),” jelasnya.

Pada pemberkasan CPNS yang dilaksanakan pada tanggal 8-11 Januari 2019, lanjut Trusta, total 374 orang yang lolos seleksi sudah melakukan pemberkasan. Hanya saja, untuk 17 dokter ahli pratama, dokter gigi, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dokter spesialis obsgin, dokter spesialis jiwa dan dokter spesialis ortopedi masih harus melengkapi STR legalisir dari KKI (Konsil Kedokteran Indonesia).

Staf BKPP Kulonprogo, Muwafiq menambahkan, proses pengunduran diri peserta lolos seleksi CPNS membutuhkan waktu. Sebab, hal tersebut harus dilaporkan ke pusat dan hasilnya akan keluar sekitar dua minggu ke depan. Dalam keterangannya,
Satu CPNS Mengundurkan Diri, Peserta Peringkat Kedua Jadi Pengganti terdapat peserta yang mengundurkan diri diperbolehkan karena masih dalam tahap pemberkasan. Selain itu, Nomor Induk Pegawai (NIP) juga belum turun dari pusat. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Daftar Tunggu Calon Haji DIY Hingga 23 Tahun

YOGYA (MERAPI) - Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY menyebutkan daftar tunggu pemberangkatan calon haji di daerah itu ke Tanah Suci

Close