Tiga RT Terancam Longsor

KOKAP (MERAPI) – Warga tiga RT di wilayah Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo, dipetakan sebagai zona merah yang rawan bencana longsor. Selain itu, longsor juga mengancam belasan rumah di Klepu, Banjararum, Kalibawang.

Peta wilayah yang rawan longsor ini merupakan hasil kajian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo bersama Fakultas Geologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kulonprogo, Hepy Eko Nugroho mengungkapkan, setidaknya ada 13 rumah di wilayah Klepu dan tiga RT di Soropati yang berisiko terkena longsor.

“Tiga RT itu jumlah warganya 126 orang. Di Soropati, longsor yang mengancam diakibatkan oleh timbulnya retakan tanah,” kata Hepy, Selasa (15/1). 

Dijelaskannya, keberadaan retakan tanah di Soropati ditemukan pada mitigasi awal. Namun, retakan tersebut tidak berlanjut ke pergeseran tanah. Sebagai akibatnya, satu rumah warga harus direlokasi.

“Relokasi rumah tersebut sudah dilakukan pemiliknya secara mandiri,” ujar Hepy.

Sebagai upaya mengurangi risiko bencana longsor, BPBD Kulonprogo telah mengurug retakan tanah. Selain itu, saluran drainase khusus juga dibuat untuk mengantisipasi masuknya air hujan ke retakan tanah.

“Supaya aliran air teralihkan. Kami imbau warga setempat untuk memperhatikan informasi dari forum desa tangguh bencana. Mereka juga kami minta mewaspadai tanda-tanda alam,” tegasnya. 

Hepy menyebut, tanda-tanda alam sebetulnya mudah dipahami. Salah satunya, terjadi hujan lebat secara terus menerus. Jika sudah demikian, masyarakat yang wilayahnya rawan longsor harus segera mengungsi serta berkoordinasi dengan BPBD dan tim lainnya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Corak Daun Begonia Dikagumi Hobiis

BAGI penggemar tanaman hias, nama begonia sudah tak asing lagi. Tanaman yang terdiri dari beberapa jenis ini banyak memamerkan keindahan

Close