Media Center Dukung Informasi Kemandirian Ekonomi

Pemotongan tumpeng peringatan HUT ke-2 Diskominfo dan HUT ke-11 Media Center Kulonprogo. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

WATES (MERAPI) – Media massa pernah berperan menyampaikan berita tentang perjuangan Bangsa Indonesia pada zaman penjajahan. Di era pembangunan saat ini, media massa tetap memiliki peran yang vital, yakni sebagai pemberi informasi sekaligus ajang pembelajaran masyarakat dalam perjuangan meraih kesejahteraan dan kemandirian ekonomi.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dalam peringatan HUT ke-2 Diskominfo serta HUT ke-11 Media Center Kulonprogo di Ruang Sermo Kompleks Pemkab, Kamis (3/1). Peringatan ulang tahun ini mengambil tema Sukses Komunikasi Sukses Informasi.

Selama 11 tahun terakhir, Media Center telah menjadi wadah para wartawan yang bertugas di Kulonprogo. Mereka tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK). “Diskominfo dan Media Center harus menjadi backbone atau tulang punggung pembangunan di Kulonprogo,” kata Bupati Hasto.

Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Artinya, Diskominfo dan Media Center merupakan penghubung sejumlah OPD lain dalam pencapaian tujuan pembangunan di Kulonprogo, termasuk kesejahteraan masyarakatnya. “Saya ingatkan media massa agar bahu-membahu. Prestasi tingkat nasional yang dahulu pernah ditorehkan, diharap bisa diraih kembali,” tegas Hasto.

Kepala Diskominfo Kulonprogo, Rudiyatno mengatakan, selama ini pihknya berupaya menampung informasi untuk diteruskan ke masyarakat. Koordinasi dengan pengelola informasi serta komunikasi dengan pihak terkait terus dijalin agar bisa memberikan informasi yang akurat dan terbaru kepada masyarakat.

“Memang masih banyak yang perlu disinergikan. Ke depan, kami akan meningkatkan kinerja, menambah personel dan sarana prasarana serta meningkatkan kemampuan SDM melalui pelatihan,” katanya.

Selama ini, lanjut Rudi, kerja sama antara Diskominfo dengan para wartawan di Kulonprogo sudah terjalin baik. Ke depan, informasi yang disampaikan kepada publik diharap dapat lebih cepat, kurang dari 1×24 jam. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mancing Bareng Bantu Korban Bencana Selat Sunda

MENYAMBUT  Tahun Baru 2019, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Makaryo Mino, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, menyelenggaran kegiatan Mancing Bareng di

Close