Kulonprogo Siapkan SIM PendekarKu

Bupati Hasto memberi penjelasan dalam Audiensi dan Paparan SIM PendekarKu di Ruang Menoreh. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

WATES (MERAPI) – Pemkab Kulonprogo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat akan meluncurkan aplikasi baru bernama SIM PendekarKu, Januari 2019 mendatang. Peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk mendukung smart city sekaligus mewujudkan pendidikan karakter di Kulonprogo.

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Sumarsana menyampaikan, SIM PendekarKu merupakan sistem informasi implementasi kegiatan pendidikan karakter di Kulonprogo yang berbasis aplikasi website. Peluncuran SIM PendekarKu diyakini mampu menyempurnakan pendidikan karakter di Kulonprogo.

“Pendidikan karakter sudah dilaksanakan di Kulonprogo. Tujuannya, yakni untuk membentuk karakter individu, membentuk individu yang menghargai sesama, menumbuhkan integritas serta melatih mental dan moral peserta didik,” katanya dalam audiensi dan paparan SIM PendekarKu di Ruang Menoreh Kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (11/12).

Konten isi dari SIM PendekarKu, lanjut Sumarsana, meliputi laporan umum, laporan khusus, laporan capaian PPK persemester, pengumuman dinas dan sarana kirim surat elektronik. Laporan umum untuk melaporkan capaian kegiatan perkelas setiap harinya, sedangkan laporan khusus untuk menyampaikan laporan pilihan persekolah setiap harinya.

“Dalam realisasinya, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. Karena itulah, Pemkab, sekolah, orangtua dan masyarakat harus bersinergi dalam perwujudannya,” tegas Sumarsana.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo berharap agar masyarakat tidak tertinggal perkembangan teknologi informasi. Terlebih saat ini merupakan era modern yang segala sesuatunya sudah bisa online.

“Tapi jangan melupakan sistem offline,” ujarnya.

Hasto menilai, aplikasi SIM PendekarKu sudah cukup mewakili pendidikan karakter di Kulonprogo. Isinya terbagi dalam dua kelompok yakni administrasi yang berkaitan dengan pendidikan dan pendidikan itu sendiri. “Kami punya cita-cita one and single website. Karena itulah, diharapkan OPD tidak membuat aplikasi sendiri-sendiri, tapi harus terintegrasi,” katanya. (Unt)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KOMPETISI PSSI YOGYA – RAS UAJY Benamkan BOM

  YOGYA (MERAPI) - RAS UAJY berhasil memetik kemenangan pada laga terakhirnya di Liga 2 Kompetisi Askot PSSI Yogya 2018.

Close