Kulonprogo Punya Rumah Data Kependudukan

Peresmian Rumah Data Kependudukan di Ngramang, Kedungsari, Kulonprogo. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

PENGASIH (MERAPI) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY meresmikan Rumah Data Kependudukan yang berada di Dusun Ngramang Desa Kedungsari Kecamatan Pengasih Kulonprogo, Rabu (28/11). Rumah Data Kependudukan pertama dan satu-satunya di Kulonprogo ini akan menjadi tempat masyarakat dalam mengakses informasi.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyampaikan, keberadaan Rumah Data Kependudukan sangat penting. Sebab semua informasi bersumber dari data. “Jika data yang digunakan benar, maka perencanaan dan pelaksanaannya juga akan benar. Rumah ini sebagai pengejawantahan data yang bersumber dari masyarakat untuk masyarakat,” katanya.

Wabup menjelaskan, Rumah Data Kependudukan di Ngramang merupakan yang pertama dan satu-satunya di Kulonprogo. Data yang ada di dalamnya meliputi data pendapatan keluarga, demografi, monografi, dan sebagainya.

“Dengan sistem satu data yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rumah Data Kependudukan dapat menjadi rujukan masyarakat dalam memperoleh data secara tepat, cepat dan akurat untuk mendukung keterbukaan informasi publik,” urainya.

Wabup Sutedjo kemudian berharap, Rumah Data Kependudukan dapat menjadi tonggak awal untuk peduli pada data. Nantinya, pengelolaan data akan menjadi lebih baik, demi menuju masyarakat Kulonprogo lebih sejahtera.

Kepala Desa Kedungsari, Sabingin menyampaikan, sebelum ditunjuk sebagai lokasi pendirian Rumah Data Kependudukan, Ngramang sudah terlebih dahulu ditetapkan sebagai Kampung KB pada akhir 2017 lalu. Kampung KB Ngramang berhasil menjadi pemantik semangat bagi masyarakat untuk membangun dan mengembangkan Dusun Ngramang secara optimal.

Sekretaris BKKBN DIY, Ellya Nunuk Trihastuti mengungkapkan, Ngramang dinobatkan sebagai Kampung KB lantaran partispasi masyarakatnya tinggi. Kampung KB telah dimulai sejak tahun 2016, diawali lima Kampung KB di masing-masing kabupaten/kota se-DIY. Kemudian tahun 2017 jumlah Kampung KB bertambah 78 dan tahun 2018 bertambah lagi 73. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Budidaya Rumput Gajah Tambah Cerah

PANEN hasil budidaya tanaman sayur, pangan maupun buah sudah biasa kita temui. Namun tapi budidaya rumput yang menghasilkan nila ekonomi

Close