Ombak Surut, Pedagang Pantai Glagah Bersih-bersih

WATES (MERAPI) – Tinggi gelombang pantai selatan yang sempat naik sejak pekan lalu, mulai surut pada Kamis (26/7). Para pedagang yang terdampak terjangan gelombang tinggi di wilayah Pantai Glagah, mulai membersihkan lapak dan membereskan barang dagangan.

Sebelumnya, tinggi gelombang sempat membuat puluhan warung dan akses jalan masuk di sekitar laguna Pantai Glagah tergenang. Namun pada Kamis pagi, air rob mulai surut.

“Sejak Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB sudah surut sampai tadi pagi,” kata salah satu pedagang di Pantai Glagah, Vinda.

Para pedagang yang terdampak kemudian mengambil sikap. Mereka membersihkan warung dan kembali menata barang dagangan.

“Ombak masih agak besar, tapi air tidak sampai menggenangi lapak pedagang karena laguna di sebelah barat terbuka sehingga air kembali ke laut,” imbuhnya.

Wakil Ketua Paguyuban Pondok Laguna yang mewadahi pelaku wisata di sekitar laguna Pantai Glagah, Suyadi menyampaikan, kerugian yang ditimbulkan akibat terjangan gelombang tinggi belum bisa diperkirakan. Peristiwa ini merusak empat kolam renang anak-anak dan 10 warung.

”Kami sempat mengimbau pedagang agar tidak membuka lapak dan mengamankan barang berharga, namun ada yang tetap nekat berjualan,” jelasnya.

Setelah air surut, Paguyuban Pondok Laguna akan melakukan kerjabakti untuk membersihkan area Pantai Glagah agar kembali seperti semula. Namun sebelum itu, sejumlah pedagang sudah mulai bersih-bersih warung dan menata barang dagangan mereka.

“Banyak ikan di laguna yang mati sehingga perlu dibersihkan agar tidak bau. Sampah-sampah di sekitar laguna juga akan dibersihkan,” jelasnya.

Sementara di Pantai Trisik, pada Kamis (26/7) pagi gelombang masih tinggi dan mencapai hutan cemara udang di sisi selatan laguna. Meski demikian, ketinggian ombak tidak seperti hari sebelumnya. “Tinggi gelombang sudah berkurang. Kondisinya aman,” kata warga setempat, Sarjiyo. (Unt)

Read previous post:
Kinerja Fisik Naik, Realisasi Keuangan Turun, OPD Pemkot Yogya Diminta Cekat-ceket

UMBULHARJO (MERAPI) - Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Yogyakarta diminta meningkatkan kinerjanya dengan bekerja cekat-ceket di sisa waktu tahun

Close