Ini Harapan Jokowi kepada Bupati Hasto Soal Warga Penolak Bandara

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo

WATES (MERAPI) – Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo berkesempatan bertemu dan berdiskusi dengan Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Kamis (5/7). Dalam pertemuan itu, Bupati Hasto menyampaikan banyak hal tentang Kulonprogo, terutama progres Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang dibangun di Kulonprogo.

“Alhamdulillah, hari ini (kemarin) diterima Presiden pukul 09.00 WIB, diskusi sampai dengan pukul 12.00 WIB,” kata Bupati Hasto melalui pesan singkat kepada wartawan.

Dalam pertemuan itu, Bupati Hasto menyampaikan tentang progres Bandara NYIA. Presiden kemudian berharap agar persoalan warga penolak yang hingga kini masih bertahan di area Izin Penetapan Lokasi (IPL) pembangunan Bandara NYIA bisa diatasi dengan cepat dan sebaik-baiknya.

“Presiden berharap agar sisa 30 orang segera bisa diatasi dengan cepat dan sebaik baiknya. Itu arahan beliau kepada saya,” imbuhnya.

Ditanya apakah ada saran dari Presiden terkait langkah-langkah yang harus ditempuh Pemkab Kulonprogo dalam mengatasi persoalan tersebut, menurut Bupati Hasto, Presiden menyerahkan kepada pemkab. Presiden hanya berharap penyelesaiannya baik dan cepat.

“Soal teknis, Presiden tidak sampai di situ, tetapi diharapkan selesai dengan baik dan cepat. Ya tentu teknis itu ada di bawah,” jelasnya.

Saran lain yang disampaikan Presiden kepada Bupati Hasto, justru terkait sertifikat tanah untuk rakyat. Pemkab diminta membantu, jika perlu menganggarkan dari APBD Kulonprogo.

“Sehingga status kepemilikan tanah tidak hanya yang relokasi, tapi untuk semua masyarakat bisa terlayani,” ujarnya.

Sementara Pimpinan Proyek Pembangunan Bandara NYIA dari PT Angkasa Pura I, Sudjiastono menegaskan, tidak ada program pemerintah yang menyengsarakan rakyat. Sebaliknya, pembangunan Bandara NYIA justru akan membuat kehidupan masyarakat lebih baik.

“Semakin cepat masalah terselesaikan, semakin baik pula progres perkembangan proyek pembangunan Bandara NYIA,” tegasnya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Basarnas: Pantai Parangtritis Bukan untuk Mandi

BANTUL (MERAPI) - Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Daerah Istimewa Yogyakarta Supriono mengatakan Pantai

Close