KPU Kulonprogo Klarifikasi 539 Nama Pendukung DPD

WATES (MERAPI) – KPU Kulonprogo menerima limpahan 539 nama pendukung bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari KPU DIY yang harus diklarifikasi. Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini menyampaikan, ratusan nama yang dilimpahkan KPU DIY merupakan data pemilih yang belum lolos penelitian sehingga perlu dilakukan klarifikasi ulang.

Dari 539 nama warga Kulonprogo tersebut, terbanyak berada di Kecamatan Sentolo, sedangkan paling sedikit di Kecamatan Samigaluh. “Hal yang diklarifikasi di antaranya usia pemilih, status pekerjaan baik itu ASN, TNI Polri, perangkat desa maupun penyelenggara pemilihan, perbedaan tanda tangan serta nama ganda,” kata Isnaini, belum lama ini.

Demi kelancaran proses klarifikasi, beberapa tim diterjunkan KPU Kulonprogo. Mereka bertugas memastikan bahwa warga tersebut benar-benar mendukung salah satu calon anggota DPD RI. “Hasil klarifikasi kemudian kami serahkan kepada KPU DIY,” sambungnya.

Penyerahan data hasil klarifikasi, kata Isnaini, akan dilanjutkan dengan rapat pleno oleh KPU DIY. Hasilnya, kemudian diserahkan kepada calon anggota DPD yang bersangkutan agar segera melakukan perbaikan dan kelengkapan data.
Meski direncanakan dalam waktu dua hari, proses klarifikasi diharapkan bisa dilakukan secara cermat.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati memastikan, pihaknya akan mengawasi dan mengikuti seluruh proses klarifikasi data tersebut.

Dijelaskannya, klarifikasi ini belum masuk proses verifikasi faktual, melainkan masih dalam rangka penelitian administrasi. Pihaknya berharap, klarifikasi dilakukan sesuai prosedur yang ada, termasuk di antaranya warga yang bersangkutan ditemui langsung atau tidak.

“Jangan sampai hanya sekadar ditulis dan dinyatakan sudah diklarifikasi begitu saja. Karena ini permintaan pusat, maka harus dilaksanakan dengan berimbang serta adil,” tegasnya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kelurahan Tangguh Bencana di Yogya Bertambah

JETIS (MERAPI) - Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) di Kota Yogyakarta bertambah lima kelurahan. Keberadaan Katana itu diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan

Close